Kamis, April 25, 2024

Banjir Dislike, YouTube Rewind Resmi Dihentikan

Techbiz.id – Bagi Kalian pengguna setia YouTube pasti sudah tidak asing lagi dengan tradisi YouTube Rewind. Konten yang tayang setiap akhir tahun itu kini secara resmi dihentikan.

Dengan begitu, ke depannya tidak akan ada lagi video YouTube Rewind 2021. Adapun alasan penghentian ini terjadi karena YouTube Rewind dinilai tidak mewakili semua kreator.

“Selama bertahun-tahun, kami telah melihat bahwa satu Rewind yang dibuat oleh YouTube tidak mungkin mencerminkan seluruh komunitas kreator kami,” tulis YouTube, melalui akun twitternya @YouTubeCreators.

Adapun konten Rewind sendiri merupakan agenda rutin setiap akhir tahun. Fitur ini menampilkan video viral, acara, dan tren selama satu tahun ke belakang.

Meski banyak dinantikan, nyatanya konten tersebut mendapat banyak kritikan dari komunitas YouTube karena dinilai kehabisan ide dalam membuat video yang kreatif.

YouTube Rewind tahun 2019 misalnya, telah mendapatkan jumlah dislike sebanyak 9,5 juta user. Bahkan di tahun sebelumnya, konten YouTube tersebut mendapatkan jumlah dislike sebanyak 19 juta kali.

Baca juga: Pesaing TikTok, YouTube Shorts Kini Hadir di Indonesia

Sehingga, YouTube menyebut pihaknya akan merencanakan sesuatu yang berbeda untuk tetap menghibur penggunanya.

“Kami akan memfokuskan kembali energi kami untuk merayakan Anda dan tren yang membuat YouTube jadi seperti sekarang dengan jenis pengalaman yang lebih berbeda dan juga diperbarui,” ucap pihak YouTube.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...