Sabtu, April 20, 2024

Fantastis! Netflix Ditaksir Raup Rp12,87 Triliun dari Squid Game

Techbiz.id – Belakangan ini dunia maya dihebohkan dengan serial Squid Game milik Netflix. Namun, siapa sangka ternyata serial Netflix asal Korea Selatan tersebut ditaksir akan meraup untung hingga US$ 891,1 juta sekitar Rp12,87 Triliun.

Dilansir dari Bloomberg (18/10), Netflix sendiri menarik keuntungan dengan menggunakan katalog filmnya dan irama rilis baru yang stabil untuk menarik pelanggan setiap minggu. Ini berbeda dengan studio film dan jaringan TV yang menghasilkan penjualan berdasarkan judul tertentu.

Perusahaan memiliki banyak data tentang film atau serial yang ditonton pelanggannya. Data itu digunakan perusahaan untuk menentukan nilai yang diperoleh dari program individual.

Squid Game sendiri menonjol karena popularitasnya, dan biayanya yang relatif rendah. Serial ini bercerita tentang permainan menegangkan ala Korea Selatan bagi orang-orang yang berutang untuk memperebutkan hadiah uang tunai.

Berdasarkan metrik yang digunakan Netflix untuk menilai kinerja dari tontonan per individu, Squid Game menghasilkan nilai dampak mencapai US$ 891,1 juta.

Padahal, Squid Game hanya menghabiskan biaya US$ 21,4 juta untuk total produksi untuk musim pertama, atau sekitar US$ 2,4 juta per episode.

Dokumen tersebut menunjukkan betapa suksesnya serial tersebut, dan sekaligus menjelaskan bagaimana Netflix menilai keberhasilan programnya.

Netflix telah merilis metrik penonton yang dipilih sendiri untuk beberapa acara TV dan film, tetapi tidak membagikan rincian metrik untuk pers, investor, atau bahkan pembuat program. Menebak popularitas acara tertentu telah menjadi semacam permainan di Hollywood, bahkan saat Netflix mulai merilis datanya.

Dalam surat tertulis kepada Bloomberg, Pengacara yang mewakili Netflix mengatakan Bloomberg tidak seharusnya mengungkapkan data rahasia yang terkandung dalam dokumen tersebut.

“Netflix tidak membahas metrik ini di luar perusahaan dan mengambil langkah signifikan untuk melindunginya dari pengungkapan,” kata pengacara itu.

Sejumlah angka cukup jelas, dan mencerminkan data yang telah dilaporkan Netflix dan layanan lainnya. Sekitar 132 juta orang telah menonton setidaknya dua menit “Squid Game” dalam 23 hari pertama pertunjukan. Angka ini memecahkan rekor serial Bridgerton yang ditonton 111 juta orang.

Baca juga: Netflix Mulai Uji Fitur Gaming untuk Pengguna Android

Netflix memperkirakan bahwa 89 persen orang yang memulai acara menonton setidaknya 75 menit (lebih dari satu episode) dan 66 persen pemirsa, atau 87 juta orang, telah menyelesaikan seri ini di 23 hari pertama.

Secara keseluruhan, semua penonton di dunia telah menghabiskan lebih dari 1,4 miliar jam menonton serial yang diproduksi oleh Siren Pictures tersebut.

Situasi ini menjadi awal yang positif bagi Netflix, dimana sebelumnya perusahaan melaporkan laju penambahan pelanggan paling lambat sejak 2013 pada paruh pertama tahun ini.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...