Kamis, April 18, 2024

Mencari Produk Lokal? Ini 5 E-commerce Favorit Konsumen

Techbiz.id – Terdapat 5 platform e-commerce yang menjadi favorit konsumen dalam berbelanja produk lokal. Hal ini diungkap melalui hasil riset terbaru bertajuk “MarkPlus Insight: Peran E-commerce dalam Mendukung Merek Lokal Selama Pandemi”.

Head of High-Tech, Property & Consumer Goods MarkPlus, Rhesa Dwi Prabowo mengungkapkan bahwa Tokopedia menjadi e-commerce favorit konsumen dalam berbelanja produk lokal secara online.

E-commerce produk lokal

“Dari hasil survei ini diungkap bahwasanya 51% responden memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling diminati untuk membeli produk lokal, diikuti Shopee sebanyak 40,8% dan Lazada senilai 4%.” ungkap Rhesa, Kamis (14/10/2021).

Sementara Bukalapak berada di daftar berikutnya dengan 3,4% responden, lalu JD.ID dengan 0,4%, dan ditutup oleh Blibli yang mendapat respon serupa.

Adapun, Rhesa mengungkap banyaknya program yang menguntungkan pelanggan seperti diskon untuk produk lokal serta sering digelarnya program yang menampilkan berbagai produk lokal, menjadi alasan utama responden memilih Tokopedia.

“Menurut responden, Tokopedia menjadi pilihan utama karena menyediakan kategori khusus toko UMKM pilihan pada ecommerce tersebut (65%) dan banyak mempromosikan produk lokal di berbagai program promosinya (48,6%)” tutur Rhesa.

“Di sisi lain, Lazada dipilih karena berdasarkan pengetahuan responden, platform tersebut menyediakan dukungan secara keuangan dalam bentuk kredit/bantuan modal (42,1%) diikuti oleh Shopee (33,9%)” imbuhnya.

Baca juga: Transaksi Daring Meningkat, Tokopedia jadi E-Commerce Favorit

Survei ini juga menunjukkan 5 produk lokal favorit konsumen Indonesia yaitu fesyen (63,8%), makanan & minuman (49,4%), produk rumah tangga (48,2%), mainan & hobi (40,6%), serta produk ibu & bayi (36,2%).

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...