Kamis, Desember 9, 2021
BerandaTipsBakal Jadi 25 Titik, Simak Cara Hindari Ganjil Genap di Google Maps

Bakal Jadi 25 Titik, Simak Cara Hindari Ganjil Genap di Google Maps

Must Read

Techbiz.id – Pemerintah DKI Jakarta berencana memperluas pemberlakuan Ganjil Genap. Semula hanya 13 titik, ke depannya akan menjadi 25 titik. pertimbangan ini dilakukan seiring dengan adanya potensi meningkatnya mobilitas masyarakat di Ibu Kota, terutama setelah status PPKM turun ke level 1.

Adapun pemberlakuan ganjil genap di 25 ruas jalan itu sendiri sebenarnya sudah berlaku sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kala itu, kebijakan sudah sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Ganjil Genap.

Sehingga, alih-alih menambah, Pemerintah DKI menyebutnya sebagai “pengembalian situasi”. Meski masih sekedar rencana, sebenarnya ada cara untuk hindari ruas jalan Ganjil Genap, salah satunya dengan memanfaatkan Google Maps.

Namun sebelum itu, pastikan untuk tidak berkendara sambil bermain HP. Disarankan untuk mengatur rute sebelum berangkat atau setidaknya menepi di pinggir jalan terlebih dahulu demi keamanan.

Jika tahap tersebut sudah dilalui, mari kita simak cara hindari ganjil genap di Google Maps berikut ini:

Cara Hindari Ganjil Genap di Google Maps

1. Pertama, aktifkan GPS dan buka aplikasi Google Maps
2. Masukkan detail lokasi yang ingin dituju
3. Lalu klik tombol Directons untuk melihat rute perjalanan yang akan dilewati
4. Selanjutnya, pilih jenis kendaraan mobil dengan cara menekan ikon mobil yang berada di bawah informasi lokasi yang ingin dituju
5. Silahkan ketuk opsi tiga titik yang terletak di pojok kanan atas layar aplikasi, lalu pilih Route Options
6. Akan muncul menu opsi Driving Options, yang menanyakan pelat nomor kendaraan mobil Anda ganjil atau genap
7. Setelah menentukan jenis pelat nomor kendaraan ganjil atau genap, silahkan klik tombol Done
8. Jika sudah, Google Maps secara otomatis akan menampilkan opsi rute mana yang sebaiknya digunakan untuk menghindari ganjil genap.

Baca juga: Awas Terjebak! Ini Cara Cek Rute Ganjil Genap di Google Maps

Kamu bisa memulai perjalanan dengan mengetuk opsi ‘Start’. Itulah cara hindari Ganjil Genap lewat Google Maps, mudah bukan? Semoga berhasil!

Terkait

Artikel Terkait

Daftar Paket Internet Indosat Terbaru, Masih Murah!

Techbiz.id - Seperti biasanya, Redaksi Techbiz kembali membagikan daftar paket internet Indosat terbaru. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, harga paket...