Rabu, April 24, 2024

Jarang Diketahui, Ini Fitur Tersembunyi WhatsApp di 2021

Techbiz.id – WhatsApp memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang memang jarang diketahui atau dipakai sejumlah pengguna. Padahal, jajaran fitur ini cukup memudahkan dalam penggunaan WhatsApp.

Di sisi lain, fitur tersembunyi juga ada yang membantu menjaga penyimpanan dan kuota tetap hemat. Menarik bukan?

Guna mengetahui lebih lanjut mengenai fitur tersembunyi WhatsApp, mari kita simak ulasannya berikut ini:

Fitur Tersembunyi WhatsApp

1. Pesan menghilang

Fitur pertama yang jarang diketahui adalah fitur pesan menghilang. WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan pesan yang hilang pada percakapan tertentu. Ketika diaktifkan, semua pesan akan hilang dari obrolan setelah tujuh hari.

Hanya perlu menekan kontak atau nama obrolan di bagian atas layar, lalu pilih ‘Pesan yang Menghilang’ dan aktifkan.

2. Notifikasi Khusus

WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk mengatur notifikasi khusus pada setiap kontak. Dengan cara ini, kamu dapat membedakan bunyi notifikasi khusus bagi orang tertentu, mulai dari teman dekat hingga keluarga.

Sehingga bisa mengetahui ketika orang tersebut menghubungi di WhatsApp. Cara mengaktifkannya cukup kunjungi menu di dalam obrolan. Lalu pilih View Contact lalu klik Custom Notification, dan centang kotak.

Selanjutnya, silahkan selesaikan pengaturan notifikasi khusus sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga: Whatsapp Kenalkan 3 Fitur Baru, Begini Cara Gunakannya

3. Tandai Pesan Penting

Bagi kamu yang cukup aktif memakai whatsapp, mungkin ada beberapa chat atau media penting yang harus kamu pantau terus.

Sehingga, agar tidak kesulitan mencarinya, bisa menandainya dengan cara membintangi pesan tersebut. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menekan chat atau data tersebut hingga muncul opsi bintang, lalu ketuk bintang tersebut.

4. Menghemat Kuota

WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk menghemat kuota. Apalagi, seringkali grup mengirimkan gambar atau video sehingga menguras kuota lantaran diunduh secara otomatis.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menghematnya dengan memilih opsi mengunduh dokumen atau file lainnya hanya ketika tersambung dengan ‘Wifi’ atau tidak sama sekali. Fitur ini tersedia di dalam menu> data and storage.

Baca juga: Cara Keluar Grup Whatsapp Tanpa Diketahui

5. Melihat siapa yang paling sering dihubungi

Fitur ini akan menampilkan daftar kontak dan urutan siapa yang paling banyak dihubungi, sekaligus yang menggunakan penyimpanan paling besar.

Untuk menemukan pengguna tersebut, caranya silahkan buka Pengaturan> Penyimpanan dan Data> Kelola Penyimpanan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...