Kamis, Desember 9, 2021
BerandaTelcoPemerataan 4G Telkomsel Bikin Gaya Hidup Digital Makin Nikmat

Pemerataan 4G Telkomsel Bikin Gaya Hidup Digital Makin Nikmat

Must Read

Techbiz.id – Pandemi Covid-19 yang masih berlagsung ini telah mengajarkan bahwa pengadopsian teknologi digital semakin dibutuhkan untuk membantu memudahkan kehidupan manusia baik untuk keseharian maupun pekerjaan dan bisnis.

Pembatasan interaksi fisik yang diberlakukan dalam aktivitas harian dapat teratasi dengan menaftaakan teknologi digital. Aktivitas belajar mengajar dapat terus berlangsung dengan menggunakan konferensi video. Demikian juga untuk aktvitas kerja dan bisnis dapat terus belangsung karena mengirim dan menerima dokumen kini semakin mudah sehingga pekerjaan dapat dilakukan dimana saja.

Untuk menghabiskan waktu selama di rumah saja sesuai anjuran pemerintah pun banyak dilakukan masyarakat dengan mengakses hiburan secara daring dengan mengakses layanan streaming baik video maupun musik hingga game online.

Akhirnya semua mulai beralih untuk being digital, dan ini bukan hal yang mudah dan cepat untuk diubah. Gaya hidup serba digital ini pun diyakini akan terus menjadi tren walau pandemi sudah bisa dikontrol dengan baik dan berakhir. Penggunaan teknologi digital ini juga tentu diharapkan semakin membuat aktivitas kita lebih efisien, efektif, nyaman, cepat, dan aman. 

Beruntung saat pandemi terjadi, kondisi broadband internet Indonesia sudah lebih baik dengan adanya jaringan 4G di Indonesia. Saat ini ada sekitar 12.000 desa yang belum tercover 4G dan sebagian besar merupakan daerah 3T. Dari angka tesebut ada sekitar 3.436 desa non 3T yang belum tercover layanan 4G.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menargetkan bahwa di tahun 2022 semua desa sudah tercover 4G dan Telkomsel disampaikan VP RAN Engineering and Project Telkomsel Akhmad akan mensupport program tersebut.

Baca juga: Telkomsel Fokus Kembangkan Jaringan untuk Gaya Hidup Digital

Telkomsel mendukung program Kominfo untuk menjangkau desa-desa yang belum tercover 4G. Khusus untuk daerah 3T, Telkomsel akan support untuk mengoperasikan 8 dari 9 area yang sudah ditenderkan,” jelasnya.

Telkomsel berkomitmen untuk secara konsisten meneruskan pemerataan akses infrastruktur dan kualitas broadband di seluruh Indonesia sepanjang 2021. Fokus pengembangan jaringan yang dilakukan Telkomsel di tahun ini dijelaskan tertuju pada peningkatan pengalaman gaya hidup digital pelanggan, terutama dalam memastikan kenyamanan pelanggan untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi yang masih berlanjut di tahun ini. 

Keseriusan Telkomsel melakukan perluasan infrastuktur serta upgrade teknologi jaringan terbaru dari sisi kapasitas maupun kecepatan merupakan wujud nyata merespon semakin tingginya adopsi serta minat masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan gaya hidup digital masyarakat, terutama akses layanan sosial media, video streaming, mobile gaming, hingga kebutuhan melayani transformasi digital sektor industri.

Dari sisi coverage disampaikan Akhmad jaringan 4G Telkomsel sudah menjangkau 96% wilayah berpopulasi dan 100% ibukota kabupaten yang jumlahnya berkisar 514 kota/kabupaten.

Baca Juga:

Saat ini penggunaan data di jaringan 4G Telkomsel sudah mencapai 95%. Selain itu 4G Telkomsel saat ini juga digunakan untuk IoT . Dengan demikian pemanfaatan 4G Telkomsel sekarang lebih ke enhanced mobile broadband di samping juga digunakan untuk fixed wireless acces melalui Telkomsel Orbit.

Pemanfaatan 4G Telkomsel ini sudah sejalan dengan tambahan spektrum 2.300 MHz yang baru saja didapat oleh Telkomsel bulan Mei lalu dan telah selesai dilakukan refarming sehingga kini spektrum tersebut sudah bisa dimaksimalkan untuk menghadirkan layanan broadband berkecepatan tinggi.

Gaya hidup digital telkomsel

Layanan Telkomsel untuk Gaya Hidup Digital

Untuk mengakselerasi gaya hidup digital, tidak hanya melakukan perluasan jaringan 4G saja, Telkomsel juga menyediakan berbagai macam layanan untuk menunjang gaya hidup baru tersebut.

Telkomsel menyediakan beragam paket terjangkau untuk aplikasi seperti CloudX dan Zoom. Terbaru, mereka menyediakan paket Telkomsel Zoom Pro yang tersedia mulai harga Rp 15.000,- hingga Rp 50.000,-dengan masa aktif 1 hingga 7 hari. Melakukan koordinasi pekerjaan dengan konferensi video jadi bisa dilakukan dari mana saja dengan sangat terjangkau.

Untuk menikmat hiburan, Telkomsel memiliki MAXstream, sebuah layanan video on demand yang bekerjasama dengan hampir semua layanan terkemuka dunia seperti HBO, Disney, Lionsgate Play, Amazon Prime.

Jaringan broadband 4G Telkomsel yang menawarkan stabilitas koneksi juga dpat dimanfaatkan para gamers untuk memainkan game favoritnya baik sebagai hiburan maupun melakukan streaming sebagai bagian dari ekonomi keatif. 

Portal khusus bagi gamers pun disediakan Telkomsel melalui Dunia Games yang berisi update mengenai game dan event terbaru serta berbagai macam game, items, dan juga kuota data.

Terkait

Artikel Terkait

Daftar Paket Internet Indosat Terbaru, Masih Murah!

Techbiz.id - Seperti biasanya, Redaksi Techbiz kembali membagikan daftar paket internet Indosat terbaru. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, harga paket...