Sabtu, April 20, 2024

Pengguna DANA Tumbuh 43% di Q3 2021

Techbiz.id – Dompet digital, DANA terus mencatatkan pertumbuhan di tengah gelombang pandemi kedua. Lembaga riset dan konsultasi pasar YouGov menunjukkan, jumlah pengguna DANA bertambah di kuartal ketiga 2021 khususnya di bulan Juli.

Menurut survey YouGov, dompet digital mengalami kenaikan jumlah pengguna di kuartal III 2021, terutama pengguna usia di atas 35 tahun. Survei yang melibatkan lebih dari 4.000 responden secara nasional itu menunjukkan bahwa DANA menjadi dompet digital dengan pertumbuhan terpesat dalam hal jumlah pengguna, lebih dari 4%.

Faktanya, jumlah pengguna DANA di Kuartal III 2021 berhasil tumbuh hingga 43%, melanjutkan tren pertumbuhan di dua kuartal sebelumnya. Adapun pertumbuhan ini dipicu oleh bertambahnya pengguna baru dari kalangan usia 25-34 tahun sebanyak 32% dan kalangan usia di atas 35 tahun sebanyak 34%, yang di antaranya termasuk pengguna pemula.

Survei YouGov juga menunjukkan keberhasilan DANA memperkuat posisinya sebagai dompet digital yang paling digemari untuk transaksi pengiriman uang. DANA banyak dipilih untuk melakukan transfer uang (29% responden) setelah mobile banking (42% responden) dan transfer melalui ATM (38%).

Selain pengiriman uang, pertumbuhan jumlah pengguna juga didukung penggunaan fitur-fitur yang meningkat dibandingkan kuartal kedua 2021, di antaranya isi ulang pulsa ponsel yang naik 26% dan pembayaran Online Commerce yang mengalami kenaikan 17%. Menariknya, salah satu fitur sosial DANA yaitu DANA Donasi, terpantau makin banyak digunakan.

Persepsi pengguna terhadap DANA juga kian membaik di kuartal ketiga 2021 khususnya pengguna di usia 18-24 tahun yang menilai DANA dari segi kualitas layanan yang ditawarkan, mulai dari keamanan yang terjamin, proses pembayaran online yang mudah hingga bebas biaya administrasi.

Baca juga: Program DANA Untuk Negeri Kembangkan Potensi Anak Muda

Kinerja positif yang ditorehkan DANA menurut survey YouGov tidak lepas dari kampanye #BEBASDRAMA yang digaungkan melalui lintas kanal media, termasuk media sosial.

Melihat pencapaian ini, Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA menyampaikan “Bertambahnya pengguna DANA juga merefleksikan tumbuhnya kesiapan keuangan digital masyarakat. Kami percaya, adanya percepatan adopsi digital keuangan ini kelak berimbas positif terhadap pemulihan ekonomi nasional dari tantangan pandemi”

“Kepercayaan pengguna akan kami jadikan acuan untuk terus melakukan inovasi serta mengomunikasikan manfaat dan nilai lebih yang dapat mereka rasakan saat bertransaksi digital menggunakan DANA” tandas Monita.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...