Rabu, Desember 8, 2021
BerandaDevicesPerbedaan Layar AMOLED dan Super AMOLED, Bagus Mana?

Perbedaan Layar AMOLED dan Super AMOLED, Bagus Mana?

Must Read

Techbiz.id – Dalam memilih sebuah smartphone, layar adalah salah satu poin utama. Hal ini tentunya demi mendapatkan pengalaman terbaik, mulai dari berselancar di sosmed, mengetik pesan hingga untuk bermain game sekalipun. Namun, tahukah kamu perbedaan layar AMOLED dan Super AMOLED?

Keduanya sama-sama mampu menyuguhkan pengalaman terbaik kepada pengguna, dibandingkan dengan panel lainnya. Kendati demikian, tetap ada perbedaan diantara keduanya.

Guna mengetahui lebih lanjut, mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Perbedaan layar AMOLED dan Super AMOLED

Layar 120Hz realme 8i, perbedaan AMOLED dan Super AMOLED

Layar AMOLED

Sebagai informasi, AMOLED adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Layar ini merupakan hasil pengembangan dari layar OLED, yang terdiri dari satu set lapisan film tipis senyawa organik penghasil daya elektroluminesen dan matriks modulasi piksel.

Jika dibandingkan dengan layar LCD biasa, layar AMOLED  mengkonsumsi lebih sedikit daya, memberikan kualitas gambar yang lebih jelas, dan menghasilkan respons gerakan yang lebih cepat dibandingkan dengan teknologi layar lainnya seperti LCD.

Baca juga: 8 Perbedaan realme 8 dan 8i, Bukan Cuma Harga!

Layar Super AMOLED

Layar Super AMOLED merupakan penerus dari AMOLED. Perbedaan keduanya terletak pada bagian layar sentuhnya tidak memerlukan lapisan layar terpisah.

Hal ini karena Super AMOLED adalah versi yang lebih maju dan mengintegrasikan sensor sentuh dan layar sebenarnya dalam satu lapisan saja. Layar jenis bahkan lebih baik dibanding AMOLED.

Keunggulan yang ditawarkan dari penggunaannya adalah layar menjadi 20 persen lebih terang, konsumsi daya 20 persen lebih rendah, dan pantulan sinar matahari 80 persen lebih sedikit.

Namun, di sisi lain, biaya produksi Super AMOLED memerlukan biaya yang lebih besar, sehingga teknologi layar ini kerap kali hadir di smartphone premium.

Itulah tadi perbedaan layar AMOLED dan Super AMOLED. Jadi menurut kamu, mana yang lebih baik?

Terkait

Artikel Terkait

OPPO Pamerkan Smartphone dengan Retractable Camera

Techbiz.id - OPPO akan menggelar acara Inno Day 2021 pada tanggal 14 Desember mendatang. Jelang acara digelar, OPPO sudah...