Rabu, Desember 8, 2021
BerandaReview Gadget TerbaruReview realme C25Y: Patahkan Stigma HP Murah

Review realme C25Y: Patahkan Stigma HP Murah

Must Read

Techbiz.id – realme menghadirkan realme C25Y, smartphone terbaru di lini Seri C yang dikenal sebagai seri yang cukup diminati oleh anak muda di Indonesia karena selain harga yang relatif terjangkau, juga ketahanan baterai yang awet.

Kali ini realme tidak tanggung-tanggung menghadirkan pembaruan pada perangkat realme C25Y ini. Di perangkat ini untuk pertama kalinya realme menyuguhkan kamera dengan besaran resolusi yang tinggi yakni sebesar 50MP.

Selain kamera dengan resolusi tinggi, ciri khas seri C tidak ditinggalkan realme C25Y yang tetap mengusung batere besar dengan harga yang terjangkau di bawah Rp2 juta.

Review realme C25Y

Desain

Secara keseluruhan desain yang ditawarkan realme pada perangkat realme C25Y ini masih sama dengan seri C lainnya. Baik posisi modul kamera belakang dan kamera depan yang mengadopsi layar penuh mini-drop berukuran 6,5 inci (16,5cm) serta penempatan tombol fungsionalnya.

Yang membedakan adalah untuk pertama kalinya, realme C25Y mengadopsi desain garis estetika, yang memvisualisasikan estetika abstrak garis dan menghadirkan susunan “garis” serta “permukaan bertekstur” dengan metode desain.

realme C25Y tersedia dalam dua warna menarik: Glacier Blue dan Metal Grey. Warna perangkat yang saya review ini berwarna Glacier Blue yang menurut saya soft sekali dan terlihat elegan dengan aksen garisnya.

Konsisten menggunakan desain layar penuh mini-drop klasik realme, dengan rasio layar-ke-bodi setinggi 88,7%, realme C25Y mampu memberikan penggunanya pengalaman menonton yang imersif tanpa pemblokiran visual.

realme C25Y masih membawa port 3.5mm jack untuk bisa terhubung ke berbagai perangkat audio seperti earphone dan port microUSB untuk kebutuhan pengisian daya atau memindahkan data. Smartphone ini mendukung 2 kartu SIM Nano dan 1 kartu MicroSD.

Pada bagian belakangnya juga terdapat sensor sidik jari yang posisinya telah disesuaikan dengan letak ujung jari telunjuk bersandar sehingga mudah untuk diakses. Sensornya sendiri memiliki waktu respon cepat sehingga kunci layar dapat terbuka secara instan.

Baca juga: Update Harga realme C25s per Oktober 2021, Makin Terjangkau!

Desain bodi realme C25Y yang dijual di Shopee ini memberi kesan kokoh dan nyaman ketika digenggam. Disini realme nampaknya membuktikan real quality yang selama ini mereka gaungkan. Sambungan antara bingkai tengah dan panel layar serta back cover membulat sehingga memegangnya dalam keadaan lama tidak membuat tangan merah.

Review Performa realme C25Y

Di perangkat realme C25Y ini realme juga sudah tidak ragu-ragu menyematkan prosesor UNISOC T610. Unisoc T610 adalah prosesor octa-core 12nm yang memiliki clock hingga 1,8GHz. CPU terdiri dari dua inti A75 berkinerja tinggi pada 1,8GHz dan enam inti A55 hemat daya pada 1,8GHz. GPU yang dipakai adalah Mali G52 hemat energi, yang dapat mencapai hingga 614.4MHz. Performa chipsetnya bahkan oleh beberapa pihak setara dengan Qualcomm Snapdragon 665.

Platform seluler 4G octa-core baru UNISOC T610 mengadopsi desain arsitektur Arm DynamIQ. Mesin gambar Vivimagic Solution generasi kelima yang dikembangkan sendiri, dan teknologi pemrosesan tampilan berkualitas tinggi, menghadirkan pengalaman berkualitas tinggi bagi pengguna.

Dengan dua Arm Cortex-A75 yang dimilikinya, performa multi-core pada chipset ini meningkat lebih dari 25% (dibandingkan dengan MTK P35, hasil tes GeekBench) dengan menggunakan teknologi 12nm yang canggih. Dengan menggunakan Arm Mali G52 3EE 2-Core GPU performa tinggi, sehingga 30% lebih tinggi dari produk pesaing (sebagian besar tes terkait GPU pada GFXBench v5.0 lebih baik daripada MTK P35), juga dapat meningkatkan pengalaman bermain game.

Berdasarkan pengukuran menggunakan aplikasi benchmark pihak ketiga didapat hasil sebagai berikut:

benchmark realme C25Y

Pada dapur pacunya, prosesor tersebut disandingkan RAM dan ROM sebesar 4GB+64GB dimana kapasitas penyimpanan dapat diperluas hingga 256GB yang memberikan lebih banyak ruang untuk menyimpan game, foto, ataupun dokumen penting lainnya.

Performa perangkat juga diperkuat oleh baterai berkapasitas 5000mAh yang menurut hasil uji coba di realme Lab, dapat bertahan hingga 48 hari dalam mode siaga. Bahkan dengan Mode Super Power Saving, pengguna realme C25Y masih dapat menggunakan enam aplikasi yang paling sering diakses meski dalam keadaan low bat sekalipun.

Saat baterai habis, realme C25Y hanya memerlukan waktu kurang lebih 130 menit untuk kembali terisi penuh berkat fitur pengisian cepat 18W, membuat pengguna tetap menghemat waktu agar bisa kembali beraktivitas dengan smartphone mereka.

Fotografi

review realme C25Y

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, realme C25Y menjadi smartphone C Series pertama yang membawa 50MP yang menghadirkan sistem tiga kamera belakang. Pengaturan tiga kamera ini memungkinkan anak muda memilih bermacam mode mulai dari portrait, macro, manual dan auto pre-sets.

Kehadiran lensa utama 50MP di realme C25Y bisa menghasilkan foto beresolusi tinggi hingga 8160×6144, menjadikannya menampilkan lebih banyak detail. Lensa Makro realme C25Y mampu memotret objek dengan lebih dekat, sementara lensa B&W mendukung hasil foto yang lebih bervariatif dengan memberikan efek artistik yang unik.

Tidak peduli siang atau malam, konfigurasi tiga kamera pada realme C25Y siap membantu pengguna menangkap momen dan menyimpannya sehingga dapat dikenang kembali kapan saja.

Yang jelas, kamera 50MP yang disematkan realme pada smartphone terbarunya ini menepis stigma bahwa smartphone dengan harga yang sangat terjangkau tidak mampu menghasilkan gambar yang baik. Buktinya realme C25Y ini sangat bisa diajak seru-seruan membuat konten foto untuk menghiasi sosial media.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie sebesar 8MP yang dapat mengambil foto selfie cukup jernih. Kamera depannya juga mendukung AI Beauty Function, Mode HDR, Mode Potret, dan sebagainya.

Fitur lain

Pada bahasan mengenai desain sudah disebutkan bahwa di bagian belakang perangkat terdapat sensor sidik jari. realme C25Y juga tidak hanya mendukung pembukaan kunci sidik jari yang sangat cepat, tetapi juga mendukung pengenalan wajah yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan sekilas. Nyaman untuk dibuka dan aman untuk privasi anda pada saat yang bersamaan.

Selain itu, setiap ponsel realme melewati tes kualitas yang ketat untuk memberikan anda pengalaman terbaik termasuk realme C25Y yang membawa Sertifikasi Keandalan Tinggi TÜV Rheinland.

TÜV Rheinland berfokus pada keselamatan dan kualitas di hampir semua bidang bisnis dan kehidupan. Sejak 2006, TÜV Rheinland telah menjadi anggota United Nations Global Compact untuk mempromosikan keberlanjutan dan memerangi korupsi.

Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 tes utama, termasuk 10 Skenario Tes Penggunaan Harian, seperti jatuh, pemakaian berlebih, dan tekanan.

7 Skenario uji lingkungan ekstrem, seperti suhu super tinggi dan rendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara. Serta 6 skenario Uji Reliabilitas Komponen. Secara keseluruhan, sebagian besar kondisi pengujian Sertifikasi Keandalan Tinggi Ponsel Cerdas TÜV didasarkan pada siklus hidup tiga tahun ponsel cerdas.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga di bawah Rp2 jutaan, realme C25Y menawarkan sejumlah keseruan pada perangkatnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Spesifikasi yang ditawarkan memberikan nilai tambah melebihi dari harga yang ditawarkan. Untuk bisa meminang realme C25Y agar bisa seru-seruan seharian bisa langsung mengakses laman https://bit.ly/realmeC25Y-Shopee.

Baca Juga:

Terkait

Artikel Terkait

OPPO Pamerkan Smartphone dengan Retractable Camera

Techbiz.id - OPPO akan menggelar acara Inno Day 2021 pada tanggal 14 Desember mendatang. Jelang acara digelar, OPPO sudah...