Minggu, Oktober 2, 2022

3 iPhone Lawas Ini Terancam Gak Kebagian iOS 16

Techbiz.id – Apple dikabarkan mulai awal tahun depan akan fokus mengembangkan sistem operasi generasi selanjutnya, yakni iOS 16. Sejumlah iPhone yang tidak akan kebagian update iOS 16 pun sudah terungkap.

Menurut bocoran dari iPhonesoft berdasarkan informasi dari seseorang yang menjalankan seed internal, akan ada tiga iPhone yang tidak kebagian update iOS 16. Jajaran ini mencakup iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE original.

Selain itu, ada sejumlah iPad yang juga tidak kompatibel dengan update iPadOS 16, meliputi iPad mini 4, iPad Air 2, iPad (generasi kelima), dan model iPad Pro 2015.

Tentu saja, kabar ini masih sekedar rumor sampai Apple mengumumkan iOS 16 di WWDC 2022. Namun, iPhonesoft sendiri telah berhasil memprediksi perangkat yang mendukung iOS 13 dan iOS 14, seperti dilansir dari 9to5mac, Jumat (24/12/2021).

Namun, tahun lalu mereka sempat salah saat mengklaim bahwa iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE tidak akan mendapat update iOS 15, tapi saat diumumkan oleh Apple, iOS 15 ternyata mendukung model iPhone yang sama seperti iOS 14.

Kendati demikian, jika informasi dari iPhonesoft ini benar artinya iOS 16 membutuhkan chip A10 sebagai spesifikasi minimal untuk mendapatkan fitur-fitur terbarunya.

Meski pengguna iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE kemungkinan akan kecewa, setidaknya ketiga ponsel ini sudah mendapatkan update software yang sangat lama.

Baca juga: 1,4 Miliar Pengguna Android Bakal Beralih ke iPhone, Kenapa?

Sebagai informasi, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus sendiri pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2015, khusus iPhone SE dirilis pada awal 2016. Ini berarti ketiga iPhone tersebut telah menerima update software selama lebih dari enam tahun.

Apple juga telah menyusun rencana untuk terus memberikan update keamanan kepada iOS versi lawas, yang semakin memperpanjang masa pakai model lama yang dapat digunakan. Jika benar, maka pengguna iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE tetap akan menerima update keamanan untuk iOS 15 sampai beberapa tahun ke depan, meski iOS 16 telah diluncurkan.

Terkait

Artikel Terkait

5 Kelebihan Wuling Almaz EX, yang Terakhir Indonesia Banget

Techbiz.id - Wuling Almaz Exclusive atau dikenal Almaz EX menjadi salah satu tipe yang cukup banyak menjadi pilihan konsumen...