Sabtu, April 20, 2024

Dana Jadi Alat Bayar Retribusi Sampah di kawasan Borobudur

Techbiz.id – Dana memperluas inisiatif penciptaan masyarakat nontunai peduli lingkungan berkelanjutan lewat inisiatif sosial bertajuk Dana Lestari yang dilakukan melalui kolaborasi Dana bersama masyarakat di sekitar TPS 3R Tuksongo untuk retribusi sampah di kawasan Borobudur, Jawa Tengah.

Penunjukan TPS 3R Tuksongo sebagai juara lokal dan TPS Cashless percontohan pertama dilatarbelakangi oleh dorongan pemerintah untuk mengakselerasi pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Menurut Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer Dana pengembangan sektor pariwisata tidak lepas dari pentingnya pelestarian lingkungan untuk menciptakan kawasan wisata yang lebih berkelanjutan dan berdampak bagi sosial ekonomi masyarakatnya.

Baca juga: Sistem Keamanan Dompet Digital Dana Mendapat Sertifikasi

“Kami sadar bahwa teknologi yang dimiliki Dana memungkinkan berlangsungnya inisiatif ini dengan memudahkan cara pembayaran iuran retribusi sampah TPS 3R Tuksongo yang kini sudah go digital,” ujar Agustina.

Peluncuran TPS 3R Tuksongo ini telah menjadi program pengelolaan sampah di bawah Kementerian PUPR. Bertepatan dengan peluncuran tersebut, Dana sekaligus mengedukasi langkah-langkah pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo kepada masyarakat setempat yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan QRIS melalui fitur Dana Bisnis serta mengajak masyarakat untuk menebus paket sembakonya melalui dompet digital Dana.

Kemunculan opsi baru dalam pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo yang makin mudah dan tercatat dengan baik, diharapkan ikut meningkatkan minat dan tanggung jawab masyarakat dalam melestarikan lingkungan.  Dengan demikian, kelak akan tercipta kawasan wisata yang lebih asri dan mampu menarik potensi wisatawan untuk senantiasa mengunjungi Borobudur sebagai destinasi pariwisata favoritnya.

Simak artikel menarik lainnya:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...