Jumat, Januari 21, 2022
BerandaNewsEkosistem Startup Indonesia Tumbuh Pesat saat Pandemi

Ekosistem Startup Indonesia Tumbuh Pesat saat Pandemi

Must Read

Techbiz.id – Walau mengalami turbulensi akibat dihadang pandemi, sepanjang tahun 2021 ini pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia terbilang mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Berdasarkan laporan yang dibuat oleh DailySocial, hingga pertengahan November 2021 Indonesia telah memiliki 7 unicorn baru (total 11 startup unicorn) dengan nilai valuasi setidaknya USD1 miliar dan terdapat sebanyak 50 perusahaan berstatus centaur yang tidak mustahil kembali dapat menelurkan unicorn baru di tahun depan.

Disampaikan Chief Editor and Research DailySocial, Amir Karimuddin, Secara keseluruhan per November 2021, ada 191 transaksi dengan total pendanaan startup sebesar USD4.1 miliar lebih.

Baca juga: Infografik: Startup Indonesia Terima Pendanaan USD3,8 miliar

“Gabungan perusahaan Gojek dan Tokopedia, GoTo, menjadi pemimpin dengan mengantongi dana segar sebanyak USD1.3 miliar (lebih dari 18,5 triliun Rupiah),” ungkapnya.

DailySocial juga mencatat antusiasme pelaku startup di Indonesia tergolong tinggi. Terhitung hampir 600 ribu startup enthusiast sepanjang tahun ini turut mengikuti kegiatan startup, seperti #SelasaStartup, program akselerator, inkubator, hingga hackathon  yang dilaksanakan DailySocial dan 1,535 pendiri perusahaan rintisan serta pelaku bisnis juga ikut meramaikan program tersebut, walaupun dilaksanakan secara daring. 

Simak artikel menarik lainnya:

Terkait

Artikel Terkait

Infinix Inbook X2, Pertama dengan Pencahayaan Ganda

Techbiz.id - Infinix kembali merilis perangkat laptop dengan menghadirkan INBOOK X2 yang mengusung fitur inovatif seperti ultralight metal bodi,...