Jumat, Januari 21, 2022
BerandaReview Gadget TerbaruReview OPPO A95: Si Tangguh yang Penuh Gaya

Review OPPO A95: Si Tangguh yang Penuh Gaya

Must Read

Techbiz.id – Setelah absen hingga 2 tahun lamanya, OPPO kembali memboyong smartphone lini seri A9 untuk pasar Indonesia, yakni OPPO A95.

OPPO A95 sendiri hadir dengan mengungguli performa perangkat, mulai dari konfigurasi kamera, daya tahan baterai, hingga prosesor tangguh yang memacu kinerja smartphone hingga maksimal.

Berbagai fitur premium turut tersedia dalam smartphone kelas menengah ini. Menariknya, Redaksi Techbiz berkesempatan melakukan review langsung bagaimana pengalaman dalam memakai OPPO A95 sebagai gadget harian.

Guna mengetahui lebih lanjut bagaimana performa keseluruhan dari OPPO A95, mari kita simak ulasannya dalam review OPPO A95 berikut ini:

Review OPPO A95

Desain

Dirilis sebagai perangkat kelas menengah, tampilan OPPO A95 justru naik kelas. Tak seperti smartphone di kelasnya, OPPO A95 membawa tampilan premium yang dikenal sebagai ‘OPPO Glow’.

Desain semacam ini, kerap kali hadir di perangkat premium. Tampilan ini memiliki kilauan halus pada penutup belakang serta lapisan matte ganda. Sehingga, bodi belakang Oppo A95 terasa sangat halus ketika dipegang, sekaligus juga bebas sidik jari dan tahan gores

Bahkan, tidak perlu khawatir jika tidak memakai case sekalipun, meski dalam setiap pembeliannya OPPO menyertakan jelly case. Namun, berkat desain OPPO Glow, OPPO A95 bisa tampil bebas tanpa case, sehingga desainnya tampak lebih menonjol, membuatnya menjadi daya tarik tersendiri, terutama dalam mendukung fashion.

Sementara, dari segi ukuran, OPPO A95 memiliki dimensi 160.32 × 73.76 × 7.95mm dengan berat 175 gram, cukup presisi ketika digenggam. Perangkat ini juga nyaman meski hanya digenggam dengan satu tangan saja.

OPPO A95 sudah dibekali dengan sertifikasi IPX4 yang berarti dapat terlindungi dari cipratan air normal. Sehingga, tidak perlu khawatir apabila perangkat ini nantinya terkena cipratan air, cukup dikeringkan dengan tissue atau lap kering.

Layar

Sebagai varian tertinggi dari A9 Series, OPPO A95 sudah dibekali dengan layar AMOLED seluas 6,43 inci dan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang sudah cukup memuaskan untuk menonton film, ataupun sekedar melihat konten di sosial media.

Terlebih lagi dengan desain ramping pada keempat sisi bezel layarnya serta lubang punch hole yang mini, sehingga tidak mengurangi kualitas visual yang tersaji. OPPO A95 juga membawa In-Display Fingerprint Unlock 3.0 yang sangat responsif.

Meski AMOLED, OPPO A95 hanya mendukung refresh rate 60Hz, tetapi memiliki touch sampling rate hingga 180Hz yang mampu mengikuti pergerakan jari saat bermain game, tanpa delay.

Kamera

Sektor kamera merupakan salah satu keunggulan OPPO A95 berkat 48MP AI Triple Camera. Konfigurasi ini membawa lensa utama 48MP, lensa makro 2MP dan depth sensor 2MP. Dilengkapi dengan fitur AI Scene Enhancement, OPPO A95 mampu memberikan hasil yang optimal dari sisi warna saturasi, hingga kecerahan pada foto.

Sementara, kehadiran fitur Night Mode pada kamera belakang, sangat membantu memotret saat malam hari ataupun dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Fitur ini bekerja dengan meningkatkan sisi yang minim cahaya sehingga menghasilkan foto dengan pencahayaan yang lebih baik.

OPPO A95 juga memiliki kamera depan 16MP yang dilengkapi oleh fitur AI Beautification. Berkat fitur ini, OPPO A95 mampu mempercantik hasil selfie dengan lebih natural. Tak ketinggalan, terdapat pula fitur Front Night Mode yang membantu memotret wajah menjadi lebih baik meski dalam kondisi minim cahaya. Khusus untuk perekaman video, kamera depan dan kamera belakang OPPO A95 mampu merekam video hingga resolusi 1080p/30fps.

Berikut hasil potret yang diambil dengan menggunakan OPPO A95:

Performa

OPPO A95 mampu menghasilkan performa handal. Tentunya ini tersaji berkat kombonasi dapur pacu OPPO A95 yang terdiri atas prosesor Snapdragon 662 dengan RAM 8GB dan 128GB ROM, sehingga mampu menghasilkan pengalaman yang lancar dan efisien.

Beragam aktivitas mampu didukung OPPO A95, mulai dari sekedar berselancar di sosial media, bergulir antar aplikasi, ataupun bermain game mobile sekalipun. Terlebih lagi telah dibekali dengan System Booster, yang memastikan ponsel dapat berjalan semakin mulus.

Menariknya, OPPO A95 sudah dibekali teknologi RAM Expansion yang memungkinkan untuk mengubah penyimpanan ROM menjadi virtual RAM jika dibutuhkan.

Dengan penyimpanan internal 128GB, OPPO A95 mampu mengubah memori tidak terpakai hingga 5GB untuk meningkatkan kapasitas RAM hingga 13GB. Sehingga, performa smartphone akan semakin maksimal.

Harga dan Spesifikasi OPPO A95

Baterai

Selain performa prosesor, daya tahan baterai OPPO A95 juga patut diapresiasi. Dengan bodinya yang cukup ramping, OPPO berhasil menyematkan baterai berkapasitas 5000mAh. Melalui kapasitas baterai besar ini, OPPO A95 dapat bertahan seharian,

Bahkan dalam penggunaan yang ringan, hanya sekedar membalas pesan, melakukan panggilan ataupun berselancar di sosmed, bisa bertahan hingga dua hari pemakaian. Selama penggunaan, OPPO A95 juga tak melulu melakukan pengisian daya, karena sudah cukup awet.

Saat baterainya habis pun, OPPO A95 hanya memerlukan waktu sekitar 60 menit untuk mengisi dayanya penuh kembali berkat fitur pengisian daya cepat 33W. Satu hal yang menarik adalah adanya fitur Battery Guard dengan teknologi AI Night Charging.

Dengan teknologi ini, OPPO A95 mampu mengisi daya pada malam hari dengan aman, Mekanismenya dengan cara mengisi hingga 80 persen saat malam hari, kemudian 1 jam sebelum pengguna bangun akan mengisi kembali hingga 20 persen.

OPPO A95 juga dilengkapi oleh fitur optimisasi kinerja baterai lainnya, seperti Sleep Standby Optimization dan Super Power Saving Mode.

Baca juga: Review OPPO A54: Stylish dan Kaya Fitur

NFC

OPPO A95 versi Indonesia hadir dengan fitur NFC. Teknologi yang memang banyak diminati pengguna di Tanah Air ini sangat membantu dalam bertransaksi secara digital. Di samping itu, kehadiran NFC juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pengisian saldo uang elektronik (e-money) atau sekedar mengecek jumlah saldo di dalamnya.

Caranya juga cukup mudah, hanya dengan cara menempelkan kartu e-money pada bodi bagian belakang OPPO A95, lalu jumlah saldo uang elektronik akan secara otomatis tampil pada layar.

Kesimpulan

Dengan sederet spesifikasi yang mengunggulkan performa perangkat, OPPO A95 sangat cocok bagi kamu yang memang mencari smartphone dengan kinerja prima dan tentunya dengan bonus desain yang menawan. Terlebih dari segi harganya yang hanya Rp4 juta, OPPO A95 masih jadi salah satu kandidat terbaik di kelasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Harga HP Realme 6 Pro, Lagi Turun Rp 700 Ribu!

Techbiz.id - Usai memiliki penerus hingga dua generasi, Realme 6 Pro dibanderol dengan harga yang makin terjangkau di tahun...