Rabu, April 24, 2024

Sukses Kuasai Pasar, OPPO Bocorkan Strategi Tahun 2022

Techbiz.id – Tahun 2021 OPPO mencatat prestasi yang cukup gemilang dengan mampu menguasai pasar smartphone Indonesia. Bagaimana dengan strategi yang akan dijalankan OPPO di tahun 2022 mendatang yang tinggal hitungan jam lagi menyapa kita?

Seperti diketahui, berdasarka laporan dari dua firma analisa pasar IDC dan Counterpoint, pada kuartal 3 tahun 2021 OPPO mampu menguasai market share di urutan teratas dengan penguasaan pasar diatas 22%. OPPO disebut menguasai pasar perangkat smartphone dengan rentan harga antara 100 – 300 USD.

Selain itu, disampaikan PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A, menurut data yang dihimpun melalui internal, ternyata perangkat A95 memberikan kontribusi market share OPPO di Indonesia sebesar 30%, angka yang cukup besar untuk perangkat smartphone yang dijual dengan harga hampir 4 juta rupiah.

“Berbagai pencapaian di tahun 2021 membuktikan bagaimana strategi kami semakin lama semakin baik dalam mengenal pasar smartphone di Indonesia,” ujar Aryo Meidianto A.

Lalu bagaimana dengan langkah dan strategi yang akan dilakukan OPPO di tahun 2022 mendatang?

Baca juga: 5 Vendor Smartphone Teratas di Q3 2021, OPPO Memimpin

Disampaikan Aryo, di tahun 2022, strategi OPPO terutama pada produk akan lebih berfokus pada 5G. Apalagi, OPPO merupakan pionir panggilan video dengan jaringan 5G pertama di Indonesia. Tahun depan akan banyak perangkat 5G yang menarik untuk dihadirkan tentunya dengan teknologi baru yang mebuatnya dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.

“Kedepan, di tahun 2022 kami menjadikan 5G sebagai landasan pengembangan strategi di Indonesia seiring komitmen pemerintah terhadap perkembangan layanan ini yang mulai terlihat semakin serius, apalagi didukung beberapa event berskala internasional seperti MotoGP 2022 dan KTT G20 yang akan jadi pembuktian jaringan 5G di Indonesia,” ucapnya.

Kehadiran berbagai prosesor 5G baru memang membuat kompetisi pasar 5G semakin tinggi yang membawa keuntungan untuk memungkinkan produsen smartphone membuat harga perangkat 5G menjadi lebih terjangkau lagi. Perkembangan jaringan 5G juga akan membuat peningkatan konsumsi perangkat – perangkat Internet of Things (IoT) di sisi masyarakat.

“OPPO akan lebih leluasa untuk memasarkan perangkat IoT yang lebih beragam seiring tumbuhnya jaringan 5G di Indonesia,” imbuh Aryo.

Di kuartal pertama tahun 2022, OPPO disampaikan Aryo sudah menyiapkan beberapa perangkat 5G dan IoT yang akan meluncur di Indonesia, begitupula di kuartal kedua. Kurang lebih produksi perangkat 5G akan memakan porsi yang lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Yang terpenting, OPPO akan menyediakan perangkat 5G yang sesuai dengan jaringan yang digunakan di Indonesia dan perangkat – perangkat ini dapat secara otomatis langsung digunakan pada jaringan 5G jika menggunakan kartu teregistrasi 5G dan berada di jaringan 5G dengan operator yang telah melakukan komersialisasi layanan ini,” ungkapnya.

Selain itu, di tahun depan, OPPO bertujuan untuk dapat kembali memenangkan hati konsumen Indonesia dengan mendekatkan diri melalui pelayanan kepada konsumen baik melalui layanan penjualan maupun layanan purna jual secara lebih profesional. OPPO juga akan menginisiasi semua yang terlibat dalam ekosistemnya termasuk para dealer dan frontilner dalam memanfaatkan layanan digital untuk edukasi produk kepada konsumennya.

Lebih lanjut, walaupun OPPO tidak terpengaruh permasalahan kelangkaan chipset, namun OPPO tetap berkomitmen untuk menjamin ketersediaan produk dan juga kemudahan mendapatkannya melalui jaringan luring mapun daring, toko resmi OPPO Store, toko – toko yang menjual perangkat OPPO, situs e-dagang baik situs terkemuka di Indonesia ataupun yang dikelola mandiri seperti pada aplikasi OPPO Store yang sudah otomatis terpasang di setiap smartphone OPPO.

“Konsumen akan menjadi pusat pengembangan OPPO di tahun depan. Teknologi dan Inovasi baru akan terus digali dengan tujuan membawa kebaikan bagi seluruh umat manusia di dunia.” tutup Aryo.

Simak juga artikel menarik lainnya:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...