Selasa, Januari 18, 2022
BerandaNews720GB Data Pasien Kemenkes Diduga Bocor, Ini Rinciannya

720GB Data Pasien Kemenkes Diduga Bocor, Ini Rinciannya

Must Read

Techbiz.id – Kasus kebocoran data rupanya masih menghantui tahun 2022. Kali ini, dokumen total sebesar 720GB yang berisikan data enam juta pasien diduga telah bocor dari server Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Data-data pasien tersebut ditemukan dalam di forum online Raid Forums oleh seorang anggota dengan nama akun “Astarte”. Dirinya juga membagikan sampel data sebesar 3,26 GB yang dapat diunduh secara gratis.

Terdapat pula sebuah tautan yang mengarah ke video demo, dimana menampilkan isi data rekam medis pasien yang diduga berasal dari server Kemenkes. Berikut rincian data pasien diduga bocor dari server Kemenkes tersebut:

  • Data hasil pemeriksaan radiologi
  • Data identitas pasien pemeriksaan radiologi
  • Data hasil CT Scan
  • Data hasil tes Covid-19
  • Data hasil dan waktu pengambilan Rontgen
  • Data nama pasien
  • Data asal rumah sakit
  • Data hasil pemeriksaan jantung.

Lebih lanjut, dokumen juga berisi keluhan pasien, surat rujukan BPJS, hasil tes laboratorium dan persetujuan untuk menjalani isolasi karena COVID-19.

Baca juga: Infografik: Rapor Merah Kebocoran Data di Indonesia

Menanggapi hal ini, Kementerian Kesehatan akhirnya angkat bicara. Mereka menyatakan masih berupaya menelusuri dugaan kebocoran data pasien yang dijual di forum tersebut.

“Kami sedang melakukan ‘assessment’ permasalahan yang terjadi dan mengevaluasi sistem kami,” kata Chief Digital Transformation Officer, Kemenkes, Setiaji, seperti dikutip dari ANTARA.

Lebih lanjut, dalam keterangan terpisah, Kemenkes menyampaikan saat ini juga tengah melakukan langkah-langkah internal merespons dugaan kebocoran yang terjadi. Salah satunya melakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan sudah mengambil tindakan atas dugaan kebocoran data ini.

“telah memerintahkan jajaran terkait untuk berkomunikasi secara intensif dengan Kementerian Kesehatan dan memulai proses penelusuran lebih lanjut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.” pungkas Johnny.

Terkait

Artikel Terkait

Update Harga Poco X3 GT di 2022, Lagi Naik!

Techbiz.id - Mengawali tahun 2022, harga Poco X3 GT justru mengalami kenaikan. Dibanding dengan November tahun lalu, harga Poco...