Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaAppsDeretan Fitur Baru ColorOS 12 yang Menarik Dicoba

Deretan Fitur Baru ColorOS 12 yang Menarik Dicoba

Must Read

Techbiz.id – Sistem operasi ColorOS 12 secara resmi kini sudah tersedia untuk para pelanggan di seluruh dunia yang dilengkapi dengan beragam fitur dan diklaim memiliki performa lebih mantap untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari serta membantu menyeimbangkan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

Dikembangkan berdasarkan konsep OPPO’s Infinite Design yang ringan, apik, dan customizable, sistem OS baru ini menghadirkan pengalaman yang lebih inklusif dan dikemas dengan tampilan ikon dan animasi yang lebih lembut.

Terdapat pula information framework yang dapat disesuaikan dengan berbagai bahasa dan budaya, serta framework yang dapat disesuaikan dengan format telepon yang berbeda.

Berikut ini beberapa fitur yang terdapat di ColorOS 12 yang wajib dicoba oleh pengguna:

Baca juga: ColorOS 12 Hadirkan UI dengan Performa Apik

Background Stream

Fitur Background Stream pada ColorOS 12 memungkinkan Anda untuk dapat memutar musik dan video dari aplikasi apa pun yang mendukung latar belakang.

Fitur ini memungkinkan Anda mengalirkan musik dari YouTube melalui latar belakang perangkat OPPO Anda tanpa harus membayar langganan premium. Cukup buka aplikasi video yang kompatibel, buka Smart Sidebar, dan pilih opsi Background stream.

Nearby Share & Privacy Protection

OPPO telah meningkatkan integrasi Nearby Share pada ColorOS 12 yang berada pada bagian depan dan tengah menu Share. Saat Anda berbagi foto, video, dan dokumen lainnya, ColorOS 12 menampilkan tombol khusus untuk nearby Share pada bagian atas menu Bagikan.

Nearby Share membuat berbagi file besar antar perangkat Android menjadi lebih mudah, dan sangat direkomendasikan daripada metode transfer file lokal lainnya seperti Bluetooth.

Ketika berbagi file, pengguna juga bisa mengatur privacy file yang akan dikirim. Misal jika ingin berbagi foto, mak metadata foto tersebut bisa disembunyikan.

Nearby Share & Privacy Protection

Screen translate

DI ColorOs 12 terdapat fitur Screen yang sangat bermanfaat bagi mereka yang sering membuka website berbahasa asing. Fitur ini dapat melakukan translate bahasa suatu halaman secara instan dan mudah tanpa perlu membuka google translate atau google lens telebih dahulu.

Fitur ini dapat diaktifkan memalui smart side bar yang ada di sisi layar smartphone. Pengguna bisa memilih bahasa yang akan dranslasikan, baik berupa teks ataupun suara.

Omoji

Pengguna OPPO dengan ColorOs 12 bisa membuat karakter dengan menggunakan ap;ikasi Omoji, mulai dari kulit, apakah ingin polos atau dengan tahi lalat di pipi kanan atau kiri, serta di atas dan bawah. Setelah itu, untuk bagian kepala ada tiga pilihan di menu umur dan enam face shape.

Terdapat juga banyak opsi gaya rambut, lengkap dengan warna-warnanya. Termasuk juga bentuk alis, mata, hidung, mulut, kuping, dan adanya aksesoris berupa topi, dan kaca mata. Setelah melakukan kustomisasi, sesuai dengan keinginan, selanjutanya, bisa pilih background dan mengambil foto atau video.

Omoji akan merefleksi ekspresi wajah dalam foto, bahkan kabarnya ke depannya Omoji dapat digunakan untuk bertukar pesan. Saat ini, versi beta dari fitur ini mampu merekam video hingga 30 detik, meskipun suaranya tidak terdengar, mungkin karena masih versi beta dan bisa diperbaiki di versi akhir nanti.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...