Jumat, Januari 21, 2022
BerandaAppsDeretan Fitur Baru Telegram: Dari Reaksi hingga Kode QR

Deretan Fitur Baru Telegram: Dari Reaksi hingga Kode QR

Must Read

Techbiz.id – Tepat di momen pergantian tahun 2022, Telegram mengumumkan sejumlah fitur baru mulai dari reaksi pesan, terjemahan, teks tersembunyi, hingga kode QR.

Fitur reaksi pesan memungkinkan pengguna Telegram untuk menanggapi pesan tertentu dengan emoji. Setiap reaksi ini tersedia dalam berbagai animasi unik, kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan.

Namun, fitur reaksi pesan Telegram hanya berlaku untuk percakapan pribadi. Pengguna dapat mengetuk dua kali pada gelembung pesan dan emoji jempol kecil akan muncul di bagian bawa pesan tersebut. Sementara untuk obrolan dalam grup, fitur itu harus diaktifkan admin terlebih dulu.

Lalu fitur lainnya adalah menyembunyikan teks. Sesuai dengan namanya, pengguna dapat menyembunyikan teks pesan. Fitur ini bekerja untuk melindungi penggunanya dari Spoiler, misalnya seperti sedang membahas cerita film di obrolan grup, agar pengguna lain dalam grup tidak kena spoiler maka pembahasan tersebut akan ditampilkan secara blur dan untuk membuka teksnya cukup mengetuk pesannya.

Di sisi lain saat mengetik pesan, sang pengirim dapat memilih teks yang ingin disembunyikan, lalu ketuk B/I/U di menu popover hitam dan ketuk Spoiler.

Khusus untuk fitur terjemahan, Telegram menawarkan kemampuan untuk menerjemahkan pesan apapun ke bahasa lain di dalam aplikasi.
Terjemahan dapat diaktifkan di aplikasi di bawah Pengaturan > Bahasa, lalu ketuk mengetuk dan tahan pesan untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa yang diinginkan.

Baca juga: Pendiri Signal Sebut Privasi Telegram Buruk, Ini Sebabnya

Namun pesan yang mau diterjemahkan harus sesuai dengan bahasa yang dipakai secara default di pengaturan. Sementara fitur terakhir adalah Themed QR Codes. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat kode QR untuk nama pengguna publik, grup, channel, hingga bot. Sehingga, pengguna bisa menemukan akun lebih cepat.

Dilansir dari Macrumors, fitur-fitur tersebut akan hadir di perangkat iPhone dan iPad yang dapat berjalan iOS 15 dan iPadOS 15 atau lebih baru. Belum bisa dipastikan apakah pengguna Telegram di Android akan mendapatkan fitur ini atau tidak.

Terkait

Artikel Terkait

Data Bank Indonesia Bocor, Kominfo: Sudah Koordinasi dengan BSSN

Techbiz.id - Data Bank Indonesia (BI) diduga bocor oleh kelompok geng Ransomware Conti. Menanggapi hal ini, Kementerian Komunikasi dan...