Selasa, Mei 24, 2022
BerandaAppsInstagram Uji Cara Baru Raup Cuan Lewat Fitur Langganan

Instagram Uji Cara Baru Raup Cuan Lewat Fitur Langganan

Must Read

Techbiz.id – Instagram memberi kreator konten lebih banyak cara untuk menghasilkan cuan, salah satunya melalui fitur terbaru yang disebut Subscription alias langganan.

Fitur ini sudah terlihat di App Store sejak November lalu, dan sekarang secara resmi sudah masuk tahap pengujian awal ke sekelompok kecil kreator konten di Amerika Serikat.

Sesuai dengan namanya, fitur subscription Instagram menawarkan akses dengan biaya langganan kepada followers. Akses ini nantinya akan mendapat unggahan berupa video dan Stories Instagram eksklusif dari akun seorang konten kreator tersebut.

Pelanggan juga akan menerima tanda khusus yang akan membantu mereka menonjol di bagian komentar dan kotak masuk pembuat konten. Sejauh ini hanya ada 10 kreator konten di AS yang mendapatkan akses ke fitur baru tersebut, seperti dilansir dari Techcrunch, Jumat (21/1/2022).

Pasalnya, Instagram menyebut pengujian kali ini hanya sebagai tes “alfa” yang dimaksudkan untuk mendapat pendapat dari penggemar dan pembuat konten.

Baca juga: Serupa Instagram, TikTok Bakal Punya Fitur Stories

Lebih lanjut, dengan Subscription, para kreator konten dapat menentukan harga mereka sendiri untuk mengakses konten eksklusif yang mereka buat. Ada delapan opsi poin harga yang dapat dipilih, mulai dari 0,99 dollar AS (Rp 14 ribu) hingga 99,99 dollar AS (Rp 1,4 juta) per bulan, tergantung seberapa besar kreator menghargai konten yang mereka buat.

Sebagian besar pembuat konten kemungkinan akan mulai dari bawah kisaran itu, pada titik harga seperti 0,99 dollar AS (Rp 14 ribu). Setelah berlangganan, pengguna akan dapat mengakses konten khusus pelanggan sebelumnya, seperti Stories yang disimpan sebagai Sorotan, misalnya.

Mereka juga akan diberitahu tentang siaran eksklusif, di mana mereka akan dapat terlibat lebih dalam dengan kreator konten. Sementara di Stories khusus pelanggan, ditandai dengan ring warna ungu, pembuat konten dapat membagikan hal-hal seperti konten di balik layar, jajak pendapat khusus, dan banyak lagi.

Lencana pelanggan juga akan berwarna ungu yang akan membantu penggemar menonjol dalam komentar konten publik, dan akan membantu mereka diidentifikasi di folder permintaan pesan di kotak masuk akun berlangganan.

Sayangnya, belum diketahui kapan Instagram akan menghadirkan fitur ini, mengingat masih dalam pengujian bagi sekelompok pengguna di AS.

Terkait

Artikel Terkait

Tablet Oppo Pad Air Meluncur, Pakai Chip Snapdragon dan Layar 2K

Techbiz.id - Makin serius dengan memasuki pasar tablet, Oppo kini meluncurkan OPPO Pad Air. Peluncuran tablet baru andalan perusahaan...