Jumat, Mei 27, 2022
BerandaDevicesLebih dari Fitur, Begini Proses Hasilkan Foto Portrait di OPPO Reno Series

Lebih dari Fitur, Begini Proses Hasilkan Foto Portrait di OPPO Reno Series

Must Read

Techbiz.id – Setelah jargon “Selfie Expert’ yang menjadi identitas merek yang paling kuat di 2016 hingga 2019, OPPO berfokus pada kualitas keseluruhan perangkat kameranya.

Melalui lini seri Reno, OPPO berupaya menghadirkan fitur unggulan yang terus dikembangkan berdasarkan kecerdasan buatan terutama portrait.

Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia menyebutkan, Portrait lebih dari sekedar fitur, ada beberapa tahapan yang dilalui untuk bisa menghasilkan foto tersebut.

“Portrait itu tidak semua perangkat bisa, bukan sebuah fitur yang benar-benar berasal sebuah perangkat tetapi diciptakan melalui perpaduan NPU, sensor dan juga sistem operasi. ” ujar Aryo, Kamis (20/1).

Dikenal sebagai Neural Processing Unit (NPU), prosesor ini dikatakan Aryo, akan memberikan kemampuan untuk mengolah gambar dengan kecerdasan buatan sehingga menampilkan hasil yang lebih baik. OPPO sendiri telah mengembangkan mandiri prosesor ini yang diluncurkan pada akhir tahun lalu dengan nama MariSilicon X.

Sementara itu, penggunaan sensor kamera juga menjadi hal yang penting untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

“Penggunaan sensor terbaik yang tersedia di pasar akan sangat membantu menghasilkan foto portrait dengan kualitas tinggi.” jelas Aryo.

Hal yang tidak kalah penting adalah keberadaan perangkat lunak yang terus menerus dikembangkan. Aryo mengungkap, langkah ini demi mendapatkan sebuah sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (Al) yang mendukung Portrait.

Baca juga: OPPO Pamerkan Teknologinya di Inno Day Indonesia

“Sistem ini dapat membaca setiap situasi ketika menangkap foto portrait dan menghasilkan foto terbaik seperti yang ada dan terintegrasi di sistem operasi ColorOS 12” pungkasnya.

Sebagai informasi, fitur Portrait di Reno Series telah hadir sejak OPPO Reno4 Series, dimana dapat membagi warna objek yang sesungguhnya dengan background hitam-putih.

Kemudian dilanjutkan dengan Reno5 Series dengan AI Highlight Video dan AI Mix Portrait hingga ke Reno6 Series yang membawa fitur Bokeh Flare Video.

Menariknya, OPPO akan memperkenalkan fitur-fitur Portrait tersebut ke Reno Series generasi berikutnya, atau sebut saja sebagai Reno X.

“Pastinya kita sebut saja akan ada di perangkat Reno selanjutnya, atau Reno X.” tutup Aryo.

Terkait

Artikel Terkait

Harga iPhone 12 Pro Max Update 2022, Turun 13% Jadi Segini?

Techbiz.id - Harga iPhone 12 Pro Max masih banyak diburu oleh konsumen Indonesia. Pasalnya, selepas kehadiran iPhone 13 Series,...