Kamis, September 29, 2022

Melihat Perkembangan Teknologi OPPO Reno Series yang Bertabur Inovasi

Techbiz.id – Memilih smartphone memang tidak lah mudah. Beberapa spesifikasi memang menjadi pertimbangan tersendiri. Tak mengherankan jika ada para vendor smartphone berupaya menjawab hal tersebut dengan menghadirkan berbagsi inovasi.

Salah satunya adalah OPPO dengan memperkenalkan lini seri OPPO Reno. Smartphone premium OPPO Reno Series ini sebenarnya sudah cukup lama hadir di Indonesia dengan beragam inovasi pilihan.

Guna mengetahui lebih lanjut bagaimana sejarah perkembangan teknologi OPPO Reno Series berikut ini:

Perkembangan OPPO Reno Series

1. OPPO R17 Pro

perkembangan sejarah OPPO Reno Series

Perjalanan Reno Series dimulai dengan kehadiran OPPO R17 Pro. Smartphone ini membawa penegasan jargon perangkat dari “Selfie Expert” menjadi “Camera Phone”, dimana menjadi langkah awal bagi OPPO memfokuskan perangkat mereka pada kemampuan fotografi baik pada kamera depan maupun kamera belakang.

OPPO R17 Pro juga pembuka jalan bagi segmen premium high-end, Reno Series. Smartphone OPPO ini hadir dengan kemampuan Foto di malam hari berbekal teknologi AI Ultra-clear Engine, resolusi 25 Megapixel serta sensor Sony IMX576 (F/2.0). Tersedia juga OIS yang membuat pengambilan gambar menjadi lebih stabil.

2. OPPO Reno dan Reno 10x Zoom

perkembangan sejarah OPPO Reno Series

Tepat pada 19 Juni 2019, OPPO memperkenalkan Reno dan Reno 10x Zoom sebagai Reno series pertama di Indonesia. Smartphone ini memberikan pengguna kebebasan pengguna dalam hal fotografi.

Struktur kamera depan keduanya mengadopsi desain sirip Hiu dengan lensa 16 Megapiksel, sehingga memberikan layar smartphone secara utuh, tanpa ada gangguan notch (poni). Sementara, secara hardware terdapat 3 kamera di Reno 10x Zoom, meliputi Kamera 48 MP UltraHD, kamera sudut lebar 8 MP dan kamera telephoto 13 MP. Lalu, tersemat 2 kamera di OPPO Reno, 48MP serta 5MP depth sensor.

Tidak hanya soal fotografinya, OPPO Reno 10x Zoom juga dikenal sebagai perangkat smartphone pertama yang mengusung prosesor Snapdragon 855 di Indonesia, prosesor terbaik Qualcomm pada masanya. Sementara, Reno hadir dengan mengandalkan chipset snapdragon 710, yang juga dikenal sebagai salah satu chipset premium.

Lebih lanjut, OPPO Reno generasi pertama sudah memiliki teknologi pengisian cepat VOOC 3.0. Untuk kapasitas baterai, Reno 10x Zoom membawa sebesar 4065mAh, lebih besar dari Reno yang sebesar 3765 mAh. OPPO juga memberikan inovasi pada Reno Series dengan cara menggandeng brand khusus, misalnya, OPPO Reno FC Barcellona Edition. Kerja sama diantara keduanya ini menghasilkan perangkat Reno dengan perpaduan konsep teknologi dan seni.

Sedangkan khusus Reno 10x Zoom, OPPO memperkenalkan perangkat kolaborasi dengan seniman Indonesia Darbotz, Arkiv Vilmasa dan Ronald Aprian. Desain hasil tiga seniman Indonesia itu mengilustrasikan makna inovasi kreatif bagi para seniman berpadu dengan sentuhan teknologi pada Reno 10x Zoom. Bahkan, Reno 10x Zoom juga hadir kembali dengan kapasitas RAM yang lebih besar, yakni varian RAM 12GB.

Baca juga: OPPO Reno6 Best Midrange Gaming Smartphone

3. OPPO Reno2 dan Reno2 F

perkembangan sejarah OPPO Reno Series

Hanya berselang beberapa bulan dari Reno Series generasi pertama, OPPO kembali menghadirkan penerusnya di Tanah Air. Tepatnya pada Oktober 2019, OPPO Reno2 dan Reno2 F resmi meluncur.

Memperkenalkan inovasi baru, OPPO menggantikan kamera depan berupa sirip Hiu dengan mekanisme pop-up di OPPO Rreno2 F. Sementara Reno generasi kedua yang masih mengusung kamera berupa sirip Hiu. Namun, layar keduanya masih terbebas dari ‘notch’ yang kerap kali mengganggu visual.

Di bagian belakang, OPPO meningkatkan jumlah kamera pada Reno2 Series, meliputi kamera utama 48MP, kamera sudut lebar 8MP, kamera portrait 2MP, lensa telephoto 13MP. Dengan komposisi kamera tersebut, smartphone OPPO ini memiliki kemampuan 5x Hybrid Zoom, Ultra Dark Mode dengan kemampuan memotret di malam, serta Ultra Steady Video untuk perekaman video yang lebih stabil pada berbagai kondisi.

Menariknya, sama seperti OPPO Reno generasi pertama, Reno2 juga memiliki edisi khusus, meliputi OPPO Reno2 F Disney Special Bundling serta Reno2 Year of the Mouse Limited Edition.

4. OPPO Reno3 dan Reno3 Pro

Berganti tahun, pada pertengahan Maret 2020, OPPO melanjutkan inovasi terbarunya untuk Reno Series dengan merilis OPPO Reno3 dan Reno3 Pro.

Smartphone ini hadir dengan membawa perubahan dari Reno Series, dimana tidak lagi mengadopsi desain kamera pop-up seperti biasanya. Reno3 dan Reno 3 Pro memilih mengadopsi kamera depan berupa lubang pada layar.

OPPO turut menyematkan sejumlah teknologi didalamnya, meliputi fitur unggul berupa 48MP Zoom Quadcam, 44MP Ultra Night Selfie, 5x Hybrid Zoom, dan 108MP Ultra Clear Image.

Selain itu, OPPO juga menambahkan inovasi baru berupa dual kamera selfie di bagian depan Reno3 Pro, terdiri atas kamera 44MP diikuti kamera 2MP sebagai depth sensor. Ini merupakan pertama kalinya seri Reno memiliki dual kamera selfie pada layar.

Adaun inovasi lainnya juga terlihat dari pengisian cepat yang dibawa Reno3 Pro, yakni VOOC 4.0. Sedangkan, khusus Reno3 OPPO masih menyertakan pengisian cepat VOOC 3.0.

Halaman berikutnya: OPPO Reno4..

Terkait

Artikel Terkait

88 Persen Karyawan di Indonesia Siap Rapat di Metaverse

Techbiz.id - Para profesional bisnis berdasarkan penelitian global terbaru yang dilakukan oleh Ciena, menyatakan siap untuk berkolaborasi di dunia...