Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaAppsMirip TikTok, Twitter Uji Fitur 'Reaction' Video

Mirip TikTok, Twitter Uji Fitur ‘Reaction’ Video

Must Read

Techbiz.id – Twitter mengumumkan telah menguji fitur “quote tweet with reaction”. Sesuai dengan namanya, fitur ini menjadi cara baru bagi pengguna dalam memberikan ‘reaksi’ terhadap tweet yang ada.

Berbeda dari biasanya, pengguna Twitter dapat menanggapi tweet dalam bentuk foto atau video, bukan lagi sekadar teks.

“Video tweet reaction sekarang bisa dicoba di Twitter!” kata akun Twitter Support, dikutip Senin (10/1/2022).

Fitur ini dapat ditemukan saat penggunaan mengetuk ikon retweet, tepat di samping ikon reply dan like. Nantinya, akan muncul opsi “Quote Tweet with reaction”.

Pilihan itu menambah dua opsi yang sudah tersedia sebelumnya seperti “retweet” dan “quote tweet”. Kemudian, jika pengguna memilih opsi “quote tweet with reaction”, maka Twitter akan mengalihkan ke tampilan ambil foto atau video sekaligus menyematkan tweet yang mau ditanggapi.

Selain itu, pengguna bisa memilih untuk langsung menanggapi dalam bentuk video ataupun foto, ataupun file yang dipilih dari galeri. Fitur ini sendiri sebenarnya mirip dengan yang sudah ada di TikTok.

Terlepas dari itu, beberapa pengguna Twitter menganggap bahwa fitur reaction ini bisa disalahgunakan untuk pelecehan atau perundungan. Mereka menilai tim moderator akan lebih sulit dalam mengawasi konten berbentuk video atau foto daripada teks.

Baca juga: TikTok Uji Fitur ‘Repost’ Serupa Retweet di Twitter

Viviana Wiewall, Juru Bicara Twitter Viviana Wiewall juga menyebut kalau pengguna saat ini tidak bisa membatasi orang-orang yang menanggapi tweet tersebut dengan video. Hal ini karena fitur reaksi berupa video ini merupakan lanjutan dari quote tweet sebelumnya.

Namun dirinya memastikan bahwa keamanan pengguna Twitter menjadi prioritas perusahaan. Jika disalahgunakan, maka perusahaan akan menindak sesuai dengan kebijakan Twitter.

Adapun fitur reaction saat ini masih terbatas untuk beberapa pengguna iOS. Belum diketahui apakah nantinya juga diuji oleh pengguna Twitter versi Android.

Terkait

Artikel Terkait

ReCharge Station kini Tersedia di Sarana Transportasi Publik

Techbiz.id - ReCharge Indonesia melakukan pemasangan ReCharge Station (mesin tempat penyewaan power bank) di area transportasi publik, yaitu di 35 Halte...