Kamis, Januari 20, 2022
BerandaDevicesPertama di Indonesia, SPC Jadi Produsen Lokal CCTV dengan Sertifikasi TKDN

Pertama di Indonesia, SPC Jadi Produsen Lokal CCTV dengan Sertifikasi TKDN

Must Read

Techbiz.id – SPC Group (PT Supertone) mengumumkan menjadi produsen lokal CCTV pertama di Indonesia yang perangkat besutannya mendapat sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Seperti diketahui, pada 2021 pemerintah Indonesia mengumumkan upayanya untuk substitusi barang impor sebesar 35 persen. Salah satu program yang dicanangkan oleh Kementerian Perindustrian untuk mencapai angka tersebut adalah dengan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

“Sebagai perusahaan lokal yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun di bidang manufaktur teknologi, PT Supertone sangat menyambut dukungan pemerintah terhadap pemakaian produk dalam negeri,” ujar Raymond Tedjokusumo, Direktur Opersional dari PT Supertone.

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2018 Pasal 61 juga disebutkan, instansi pemerintah wajib membeli produk dalam negeri yang memiliki nilai TKDN minimal 25%.

Ketika suatu produk memiliki nilai kombinasi antara TKDN + BMP mencapai 40%, maka kategori dari produk tersebut harus dibeli secara lokal melalui sistem Ekatalog, SIPLAH, Bela Pengadaan, dan lainnya.

Baca juga: Review IT Smart Home: Premium dengan Harga Terjangkau

Sertifikasi sendiri TKDN mengukur tingkat kemampuan dalam negeri untuk memastikan produk benar-benar diklasifikasi sebagai produksi lokal. Pengukuran penting lainnya, yaitu BMP (Bobot Manfaat Perusahaan) yang merupakan pengukuran wajib dari suatu produk.

“Tim kami di PT Supertone sangat bangga dengan investasi dan kerja keras yang telah kami lakukan untuk meningkatkan nilai TKDN dan BMP sebesar 41,70-41,78 persen. Dengan sertifikasi dan valuasi tinggi, produk CCTV SPC kami diharapkan dapat menjadi produk wajib untuk digunakan oleh lembaga negara, kementerian, dan lembaga pemerintah non-kementerian,” tambah Raymond Tedjokusumo.

Selain itu disebutkan Raymond, PT Supertone dengan brand SPC telah menjadi pabrikan lokal resmi dari Google Chromebook. Produk SPC Chromebook X1 Mini memiki nilai kombinasi antara TKDN + BMP sebesar 40.57 persen.

SPC menjadi salah satu dari segelintir pabrikan lokal Chromebook yang menyediakan ChromeBook untuk kebutuhan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Dengan sertifikasi TKDN yang terbaru, SPC berada di posisi yang terjamin untuk mendapatkan lebih banyak klien pemerintah pada tahun 2022,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Mundur, iPhone SE 5G Bakal Meluncur Maret 2022

Techbiz.id - Belakangan ini banyak beredar kabar mengenai peluncuran iPhone SE dengan dukungan 5G. Informasi terbaru menyebut, jadwal peluncuran...