Kamis, Januari 20, 2022
BerandaTipsTips Memilih Smartphone Pendamping untuk PTM 2022

Tips Memilih Smartphone Pendamping untuk PTM 2022

Must Read

Techbiz.id – Mulai Januari tahun 2022, sejumlah sekolah diwajibkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri yang mewajibkan seluruh sekolah anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi di wilayahnya melaksanakan PTM terbatas.

Meski sudah beralih yang tadinya secara daring menjadi PTM, tetapi kehadiran smartphone sebagai pendamping kegiatan belajar masih terbilang penting, terutama dalam mempermudah proses pembelajaran bagi para siswa.

Salah satunya dengan memanfaatkan smartphone sebagai perangkat untuk memperluas pengetahuan, yakni mengakses berbagai makalah, jurnal ataupun penelitian yang dapat ditemukan dengan mudah melalui internet.

Di sisi lain, para siswa juga bisa menggunakan smartphone untuk membuat tugas mereka, seperti halnya untuk keperluan presentasi. Cukup mengunduh aplikasi tertentu, maka tugas presentasi dapat disusun dan diselesaikan dengan mudah hanya melalui smartphone.

Namun, tidak semua smartphone layak menjadi pendamping PTM. Guna mengetahui lebih lanjut bagaimana memilih smartphone yang layak menjadi pendamping PTM, mari kita simak ulasannya berikut ini:

Smartphone dengan baterai yang tahan lama

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih smartphone pendamping PTM adalah ketahanan baterai. Tentunya ini faktor ini juga berkaitan dengan kapasitas baterai yang diusung. Semakin besar kapasitas yang ditawarkan smartphone, maka daya tahan perangkat juga kian lama.

Dengan demikian, smartphone dapat mendampingi proses PTM hingga selesai, tanpa terhambat karena harus melakukan pengisian daya. Fitur unggul ini dapat ditemukan pada OPPO A95. Smartphone OPPO ini hadir dengan baterai besar 5.000mAh yang dapat bertahan seharian penuh.

OPPO A95 juga sudah didukung teknologi pengisian cepat 33W Flash Charge yang dapat memangkas waktu saat mengisi daya, hanya menjadi 72 menit. Bahkan, hanya dengan pengisian selama 5 menit, pengguna sudah dapat menikmati 1,8 jam menonton video YouTube dan 5,7 jam panggilan suara.

Smartphone dengan performa lancar

Selain baterai, performa smartphone juga tak kalah penting. Hal ini karena hampir seluruh aktivitas smartphone bergantung pada sektor performa dari perangkat. Terutama, dalam menjadi pendamping kegiatan PTM, dimana sangat dibutuhkan perangkat dengan performa yang lancar dan juga cepat.

Pasalnya, smartphone dengan performa yang lancar akan memberikan pengalaman yang mulus tanpa hambatan bagi siswa saat PTM berlangsung. Seperti halnya OPPO A95 yang ditenagai prosesor Qualcomm SnapdragonTM 662, sehingga mampu menghadirkan pengalaman yang lancar dan efisien setiap saat. Apalagi dikombinasikan dengan System Booster, rangkaian optimasi tingkat sistem yang memastikan ponsel dapat berjalan semakin mulus.

Di sisi lain, ColorOS 11.1 pada OPPO A95 akan memberikan pengalaman pengguna lebih efisien dan nyaman yang dapat membantu meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Baca juga: Review OPPO A95: Si Tangguh yang Penuh Gaya

Smartphone dengan memori yang luas

Kapasitas memori juga menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam memilih smartphone pendamping PTM. Dengan memori yang luas, smartphone dapat menyimpan lebih banyak file, termasuk foto atau video pembelajaran, ataupun laporan serta makalah tertentu.

OPPO A95 sendiri dibekali dengan kapasitas memori yang cukup besar, yakni RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Tersedia juga fitur RAM Expansion yang memungkinkan untuk mengubah penyimpanan ROM menjadi virtual RAM.

Smartphone dengan kamera yang jernih

Sektor kamera dalam sebuah smartphone juga perlu diperhatikan dalam mencari perangkat pendamping PTM. Pasalnya, kamera dalam smartphone dapat bermanfaat untuk membuat tugas mereka, misalnya saat mengumpulkan foto-foto dari objek tertentu ataupun aktivitas lainnya.

Untuk foto dan video, OPPO A95 sudah dilengkapi 48MP Triple Camera di bagian belakang perangkat, bersama dengan serangkaian fitur yang didukung kecerdasan buatan untuk dapat menangkap gambar dengan kualitas tinggi. AI Scene Enhancement secara cerdas dapat mengenali berbagai skenario pemotretan seperti makanan, bunga, matahari terbenam, dan lainnya, kemudian mengoptimalkan warna, saturasi, dan kecerahannya. Smartphone OPPO ini juga memiliki Kamera depan 16MP.

Tidak hanya itu, OPPO A95 turut mengemas layar AMOLED 6,43 inci bersama dengan In-Display Fingerprint Unlock, NFC, serta sertifikasi IPX4 yang tahan debu dan air. Adapun soal harga, smartphone yang layak menjadi pendamping PTM ini dijual Rp 3.999 juta yang tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black.

Terkait

Artikel Terkait

Mediatek Pamerkan Kemampuan Koneksi Wi-Fi 7 Filogic

Techbiz.id - Demo langsung pertama teknologi Wi-Fi 7 di dunia berhasil dilakukan Mediatek. Demo ini menyoroti kemampuan portofolio konektivitas...