Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaTipsCara Scan QR PeduliLindungi Tanpa Internet Tetap Bisa, Check In!

Cara Scan QR PeduliLindungi Tanpa Internet Tetap Bisa, Check In!

Must Read

Techbiz.id – Aplikasi PeduliLindungi kini memiliki fitur baru dengan nama ‘Offline check in’. Sesuai dengan namanya, pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk scan QR Code di aplikasi PeduliLindungi tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Sebelumnya, untuk melakukan scan QR code di aplikasi PeduliLindungi, pengguna harus memiliki koneksi internet. Namun, berkat adanya fitur ini pengguna tetap dapat check in di suatu tempat tanpa harus terkoneksi internet terlebih dahulu.

Fitur ini juga membantu apabila koneksi internet yang dimiliki pengguna tengah terganggu atau tidak mendapatkan jaringan dengan baik. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir lagi saat mereka tidak dapat melakukan scan QR code ketika koneksi terganggu.

Lalu, bagaimana cara scan QR code di aplikasi PeduliLindungi tanpa koneksi Internet? Simak selengkapnya disini!

Cara scan QR PeduliLindungi tanpa internet

Menurut akun resmi @Kemenkominfo, fitur offline check in baru bisa dicoba saat pengguna sudah melakukan update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru. Dengan demikian, sebelum itu pastikan sudah mengunduh pembaruan aplikasi terlebih dahulu.

Jika sudah, silahkan ikuti cara untuk scan QR PeduliLindungi tanpa internet berikut ini:

  1. Matikan koneksi internet atau pastikan jaringan internet sedang offline
  2. Buka aplikasi PeduliLindungi dan login sesuai dengan akun yang telah terdaftar
  3. Pada tampilan awal, pilih opsi “Scan Code QR” dan setujui akses kamera
  4. Jika sudah, arahkan kamera ke QR code pada akses tempat yang tersedia
  5. Setelah selesai memindai, klik “Check-in”

Jika sudah, nantinya akan muncul notifikasi tambahan “Perangkat Anda tidak terkoneksi ke dalam jaringan” yang berada di bawah status check in. Ini berarti bahwa check in Anda tetap berhasil meski tanpa terkoneksi dengan internet.

Baca juga: Cara Cek Jadwal Vaksin Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Nantinya juga akan ada keterangan tambahan yang menyebut hasil offline check-in itu diperoleh berdasarkan informasi status vaksinasi terbaru milik pengguna di aplikasi PeduliLindungi.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...