Minggu, Mei 22, 2022
BerandaNewsDukung Transformasi Digital, Exabytes Gelar Indonesia Website Awards 2021

Dukung Transformasi Digital, Exabytes Gelar Indonesia Website Awards 2021

Must Read

Techbiz.id – Exabytes Indonesia kembali menggelar Indonesia Website Awards x Web Developer Talk sebagai apresiasi bagi komunitas website developer. Ajang penghargaan yang akan digelar pada 26 Februari mendatang ini juga sekaligus untuk mendukung pemerintah dalam memberikan edukasi transformasi digital kepada publik.

Tercatat telah ada 16,4 juta pelaku bisnis UMKM yang hadir pada platform digital. Angka ini tumbuh lebih dari 100% sejak awal pandemi. Peningkatan ini dikarenakan beralihnya konsumen yang mulai menggunakan platform digital dalam memenuhi kebutuhannya. Berdasarkan data dari e-Conomy SEA 2021, Indonesia memiliki 21 juta konsumen digital baru selama pandemi pada tahun 2020 dan paruh tahun 2021.

Kendati masyarakat dan pelaku bisnis telah paham digitalisasi dengan adanya koneksi internet, namun masih memerlukan edukasi untuk penguasaan dan pemanfaatan teknologi serta wadah apresiasi bagi para penggiat pengembang website atau web developer di Indonesia. Pemerintah Indonesia juga tidak dapat berjalan sendiri dalam menyukseskan transformasi digital yang dibahas di Presidensi G20 Indonesia nanti.

Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia mengatakan bahwa “Digitalisasi berperan utama dalam mendorong bisnis UMKM untuk bertahan dan bangkit serta berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Isu ini sangat penting dibahas di agenda Presidensi G20 Indonesia.”

Sejalan dengan pemerintah, Exabytes Indonesia konsisten mengadakan Indonesia Website Awards setiap tahun. “Kami melihat semangat para web developer yang berkompetisi dengan hasil karya website terbaik mereka dan juga antusiasme positif dari audiens yang mendengarkan pemaparan para pembicara yang ahli di bidang digital dan teknologi di sesi Web Developer Talk.” jelas Indra, Rabu (16/2/2022).

Baca juga: Exabytes: Jumlah E-Commerce Naik 38,3%

Di tahun ini, Indonesia Website Awards 2021 telah berhasil menjaring 1580 website terbaik dan melibatkan 15 juri yang berkompeten di bidang seperti web developer, web programmer dan web designer professional. Adapun website tersebut dinilai dari segi fungsionalitas, kecepatan, akses, SEO friendly, performa dan konten.

Setelah dinilai maka lahirlah website pilihan setiap bulannya yang dinobatkan sebagai Site of The Month. Terdapat pemenang yang terpilih sebagai Favorite Website dan juga akan ada 3 website terbaik yang layak menjadi Site of The Year 2021.

Nantinya para pemenang, akan mendapatkan total hadiah berupa saldo pembuatan website yang dipersembahkan oleh Exabytes Indonesia senilai Rp 200.000.000. Acara ini didukung oleh pihak lainnya termasuk PANDI dan NEX Data Center.

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin Konten Makanan Biar Viral

Techbiz.id - Penikmat video pendek makin sering disuguhkan konten seputar makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak. Konten mengenai...