Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaTelcoLayanan 5G XL Axiata Siap Hadir di Mandalika

Layanan 5G XL Axiata Siap Hadir di Mandalika

Must Read

Techbiz.id – XL Axiata tengah menyiapkan agar layanan 5G miliknya bisa bisa hadir mendukung gelaran balap motor MotoGP di Sirkuit Mandalika, 18-20 Maret 2022.

Menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, salah satu tahap persiapan yang sudah berlangsung adalah uji coba 5G XL Axiata secara terbatas di lapangan, yaitu pada 12 Februari 2022, dengan hasil yang cukup memuaskan.

“Uji coba 5G XL Axiata sudah kami laksanakan pada 12 Februari kemarin, pada kesempatan ini, kami telah menguji beberapa aspek teknis, dengan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan beberapa operator satelit untuk melaksanakan pengujian co-existence pada spektrum 3.5GHz di Kawasan sirkuit Mandalika,” jelasnya.

Lebih lanjut, uji co-existence ini dimaksudkan untuk memastikan jaringan 5G yang akan digelar nanti tidak mengganggu sistem operasional satelit yang telah ada di sekitar kawasan.

“Hasilnya cukup memuaskan sementara ini, dimana tidak ditemukan adanya gangguan di jaringan satelit akibat dari pemanfaatan 5G. Semua hal terkait proses uji coba, termasuk hasilnya, telah kami laporkan kepada Kominfo,” imbuhnya.

Baca juga: XL Axiata Kenalkan Jaringan 5G di Denpasar

Guna menyelenggarakan layanan 5G di Mandalika ini, XL Axiata akan menggunakan spektrum pita frekuensi 3.5GHz dan 26GHz untuk menghadirkan real 5G experience bagi pelanggan, khususnya bagi pengunjung yang berada di Sirkuit Mandalika.

Untuk dapat menikmati layanan 5G XL Axiata ini, maka pengunjung harus memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz dan 26 GHz serta simcard yang dimiliki sudah uSIM.

Rencananya, akan ada beberapa titik strategis layanan 5G XL Axiata yang bisa diakses secara gratis oleh pelanggan di seputar sirkuit. Titik-titik akses ini berada di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP village, tribun penonton serta lokasi strategis lainnya yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP. Akses ke layanan 5G ini sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

Sementara itu untuk keperluan 5G Showcase atau pameran 5G, XL Axiata akan menghadirkan use case 5G immersive games and experience seperti Motorbike Augmented Reality (AR), 360 Degree Camera Live Broadcasting, dan 5G experience lainnya.

Melalui penggelaran 5G ini, pengunjung akan dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya, yang dapat menghadirkan beberapa keunggulan dibandingkan jaringan 4G diantaranya data rate (kecepatan data) lebih tinggi, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...