Rabu, April 24, 2024

Peringkat ke-4, Oppo Kuasai 11% Pangsa Pasar Global

Techbiz.id – Oppo berhasil mempertahankan posisinya sebagai brand smartphone keempat terbaik secara global pada tahun 2021 dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 11%. Hal tersebut tercermin dalam laporan yang dikeluarkan oleh lembaga riset Canalys.

Berkat investasi berkelanjutan dalam pengembangan teknologi serta komitmen perusahaan untuk menciptakan produk terbaik, Oppo disebutkan berhasil membukukan pertumbuhan penjualan smartphone secara global sebesar 22%, dengan penjualan yang luar biasa di pasar Eropa Barat dan Meksiko.

Oppo berhasil menjadi brand smartphone terbesar keempat di pasar Eropa setelah mencatatkan pertumbuhan penjualan tahunan sebesar 78% pada tahun 2021.

Setelah masuk ke pasar Eropa pada tahun 2018, Oppo melanjutkan investasi dalam riset dan pengembangan dan menjadi inisitator dalam meluncurkan 5G SA Network pertama secara komersil di Eropa melalui kemitraan bersama Vodafone, Qualcomm, dan Ericsson.

Di kawasan Eropa, Oppo mampu membukukan kinerja yang menakjubkan dan mencatakan pertumbuhan penjualan hingga 94% di Eropa Barat. Pencapaian ini menjadikan OPPO sebagai penyedia perangkat high-end keempat terbaik dalam hal penjualan.

Baca juga: Sukses Kuasai Pasar, OPPO Bocorkan Strategi Tahun 2022

Oppo mencatatkan pertumbuhan yang menakjubkan di Irlandia (+444 YoY), Portugal (+354% YoY), Swiss (+203% YoY), Jerman (+154%) YoY, Italia (+111% YoY), Spanyol (+73% YoY) dan Prancis (+71% YoY).

Selain itu, dalam kurun waktu kurang dari dua tahun setelah masuk ke pasar Rumania, OPPO berhasil telah menjadi produsen smartphone terbesar ketiga dengan pertumbuhan tahunan sebesar 227% pada tahun 2021.

Pasar Negara Berkembang

OPPO juga menjadi brand smartphone keempat terbaik secara keseluruhan di pasar Timur Tengah dan Afrika, dan berhasil mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 42%.

Secara khusus, OPPO mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 304% di Algeria dan angka penjualan terbesar dibandingkan dengan brand smartphone lain di wilayah tersebut.

Oppo juga mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 466% di Afrika Selatan dan membuatnya menjadi brand merek smartphone terbesar keempat di negara tersebut.

Setelah dua tahun sejak memasuki pasar Amerika Latin, Oppo melanjutkan ekspansi bisnisnya dengan cepat. Di Meksiko, Oppo merupakan salah satu dari lima brand smartphone terlaris, memiliki pangsa pasar sebesar 10%, dan mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 429% pada tahun 2021.

Melalui kemitraan dengan operator lokal dan didorong oleh peluncuran seri Reno yang luar biasa, Oppo juga menjadi vendor smartphone premium terkemuka di Meksiko untuk range harga US$400-US$599 dan US$600-US$799.

Asia Pasifik & Cina

Oppo telah mempertahankan posisi ke empat sebagai salah satu brand smartphone terbaik di Asia Pasifik, kecuali China, pada tahun 2021. Di Asia Pasifik, Oppo memiliki pangsa pasar sebesar 12%.

Oppo merupakan smartphone terbaik kedua untuk wilayah Asia Tenggara. OPPO berhasil menjadi best-seller di Indonesia dan best-seller kedua di Myanmar dan Vietnam. Oppo juga berhasil menjadi salah satu dari tiga smartphone best-seller di Kamboja, Australia, Singapura, Selandia Baru, dan Filipina.

Sebagai pemain lama di pasar China, Oppo mempertahankan posisi sebagai kedua best-seller kedua pada 2021 di negara tersebut dengan mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 14%. Oppo juga mencatatkan penjualan yang cukup stabil di pasar China.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...