Minggu, Mei 22, 2022
BerandaReview Gadget TerbaruReview realme 9 Pro+: Flagship Harga Menengah Andalan Baru Content Creator

Review realme 9 Pro+: Flagship Harga Menengah Andalan Baru Content Creator

Must Read

Techbiz.id – realme 9 Pro series menjadi smartphone pembuka tahun 2022 realme Indonesia di pasar tanah air. Bocoran kemampuan fotografi dari perangkat flagship kelas menengah ini menunjukkan kualitas yang luar biasa. Bagaimana hasil review realme 9 Pro+ yang dilakukan redaksi Techbiz Indonesia?

Sebagai informasi, ini merupakan kali pertamanya realme meluncurkan varian terbaru “Pro+” dari seri angka realme. Varian “Pro+” menurut informasi, menjadi strategi terbaru realme untuk memperkenalkan fitur-fitur flagship ke dalam smartphone kelas mid-range dan menjadi benchmark terbaru untuk pasar smartphone kelas menengah.

Sebagai smartphone flagship kelas menengah, realme 9 Pro+ juga menjadi menjadi satu diantara 15 smartphone kelas flagship yang menggunakan sensor Sony IMX766.

Review realme 9 Pro+

Desain

Sebelum kita bahas kinerja perangkat dan kemampuan fotografi dari realme 9 Pro+ saya ingin membahas desain dari smartphone ini dulu karena menurut saya realme menawarkan sesuatu yang baru pada desain perangkatnya.

realme 9 Pro+ menawarkan dua warna yakni aurora green dan sunrise blue. Perangkat yang saya review ini memiliki warna sunrise blue dengan corak glitter yang cukup rapat di bagian bawah cover belakang perangkat.

Baca juga: Realme 9 Pro Series Resmi Hadir di Indonesia, Bawa Sensor Flagship Sony IMX766

Di seri ini realme pertama kali menawarkan desain photocromis yang dapat berubah warna. realme 9 Pro+ menghadirkan desain Light Shift Design yang mampu berubah warna di bawah sinar matahari ataupun sinar UV.

Dengan teknologi tersebut, backcover smartphone ini dapat berubah warna menjadi merah dari warna biru di bawah sinar matahari hanya dalam waktu tiga detik, dan dapat kembali ke warna asal, biru dalam waktu sekitar dua hingga 5 menit tanpa paparan sinar matahari.

realme 9 Pro+ ini memiliki bentuk paling tipis diantara seri angka lainnya yang hanya memiliki ketebalan 7,99 mm saja. Dengan body ramping tersebut membuat module kamera perangkat ini terlihat sangat menonjol keluar.

Memiliki bentang layar 6,4 inchi serta ketebalan hanya 7,99 mm saja menurut saya smartphone ini sangat nyaman digenggam karena tidak terlalu besar. Penempatan tombol-tombol fungsional juga cukup simple sehingga sangat mudah dioperasikan.

Smartphone ini memiliki satu tombol di sisi kanan yang berfungsi sebagai tombol power serta dua tombol di sisi kiri yang berfungsi sebagai volume rocker. Berjajar dengannya ada slot sim card dan juga memory card.

Di sisi bawah terdapat lubang type-C untuk mengisi daya serta lubang micro audio. Smartphone yang ditawarkan di Shopee ini masih melengkapi perangkatnya dengan lubang audio jack 3,5mm. Untuk permukaan layarnya smartphone ini terdapat punch hole kecil di pojok kiri atas sebagai rumah kamera depan.

Layar realme 9 Pro+ ini menggunakan Super AMOLED dengan refresh rate sebesar 90Hz. Layar smartphone ini juga memiliki 1000 nits peak brightness dan 360Hz touch sampling rate yang artinya mampu memberikan kenyamanan untuk diajak nonton konten video ataupun bermain game.

Yang juga menarik, layar realme 9 Pro+ ini memiliki sensor sidik jari di dalamnya (In-display fingerprint). Menariknya, in-display fingerprint tersebut dapat mendeteksi detak jantung pengguna berkat adanya fitur heart rate monitor. Fitur ini tidak akan kalian temui di smartphone mid range lainnya.

Untuk kualitas layar, realme 9 Pro+ juga menggunakan layar AMOLED yang bisa sekaligus mendeteksi detak jantung, di mana fitur ini biasanya hanya dapat ditemui di smartphone kelas flagship. realme 9 Pro+ juga sudah hadir dengan realme UI terbaru, yaitu realme UI 3.0 dengan Android 12.

Review Kinerja realme 9 Pro+

review realme 9 Pro+

Untuk urusan kinerja perangkat, realme 9 Pro+ ini juga dilengkapi dengan dapur pacu yang mampu memberikan performa yang dapat diandalkan. Di perangkat flagship kelas menengahnya ini realme menggunakan prosesor milik Mediatek yakni Dimensity 920 5G.

Dimensity 920 sendiri didesain untuk smartphone 5G yang mampu menyeimbangkan kinerja, daya, dan biaya untuk menyediakan pengalaman seluler yang luar biasa.

Chipset yang memiliki fabrikasi 6nm ini mendukung tampilan cerdas dan pengambilan video 4K HDR berbasis perangkat keras. Selain itu, terdapat peningkatan 9% untuk performa bermain game dibandingkan dari seri pendahulunya, Dimensity 900.

Hasil benchmark realme 9 Pro+

Melengkapi kemampuan prosesornya, realme menyertakan teknologi pendinginnya yang membuat realme 9 Pro+ menjadi salah satu yang pertama untuk menggunakan chipset MediaTek Dimensity 920 5G yang dilengkapi dengan system pendingin Vapor Cooling Chamber.

Sistem pendingin yang disematkan realme ini mampu mengurangi panas sekitar 10% di area utama prosesor sehingga dapat menjaga smartphone tetap dalam kondisi performa maksimal.

Ketika saya gunakan untuk menonton video selama beberapa jam dan bermain game suhu perangkat masih tetap terjaga dengan baik.

Menemani prosesor Mediatek Dimensity 920, realme memadukan kapasitas memori RAM dengan kapasitas yang cukuup besar yakni 8GB serta dilengkapi dengan dynamic RAM expansion (DRE) hingga 5GB yang akan diambil dari ROM. Dengan demikian pengguna bisa mendapatkan total RAM sebesar hingga 12 jika dibutuhkan untuk melakukan tugas yang berat.

Pemrosesan grafis perangkat ini menggunakan GPU Mali G-68 yang mampu meningkatkan performa hingga 9%.

Digunakan untuk bermain game PUBG Krafton, saya menggunakan settingan grafis smooth ekstrem dan perangkat ini tidak mengalami kendala yang berarti. Game yang dimainkan berjalan lancar tanpa lagging.

Performa flagship perangkat ini juga ditunjang dengan baterai berkapasitas 4.500mAh yang dilengkapi dengan pengisian cepat 60W SuperDart yang mampu mengisi 50% daya hanya dalam waktu 15 menit.

Untuk urusan konetivitas, realme 9 Pro+ dan juga seri pro lainnya sudah 5G ready dan realme sepertinya ingin terus mendobrak pasar smartphone dengan memberikan lebih banyak lagi pilihan smartphone 5G di kelas menengah dan future 5G ready.

Review Fotografi realme 9 Pro+

Di sektor fotografi realme 9 Pro+ menawarkan fitur sangat komplet yang dapat dimanfaatkan oeh para pencipta konten untuk menghasilkan karya yang berkualitas. Dimulai dengan kamera utama berkapasitas 50 MP yang dilengkapi dengan sensor terbaru milik Sony yakni IMX766.

Terdapat juga kamera dengan lensa super wide dengan jangkauan 119° dan berkapasitas 8MP dengan bukaan (aperture) f/2.2. Untuk menghasilkan gambar dengan kedalaman yang baik terdapat 2MP Macro Lens dengan focal length 4cm.

Untuk keperluan swafoto, terdapat kamera depan berkapasitas 16 MP dengan 78° wide-angle sehingga bisa melakukan swafoto dengan lebih banyak orang.

Spesifikasi kamera yang mumpuni tersebut diperkaya dengan fitur-fitur fotografi yang akan memudahkan penggunanya dalam berkarya. Mengusung slogan capture the light, kemampuan memotret malam hari perangkat ini bisa diandalkan.

Bagi yang suka street fotografi, kemampuan ini masih tersedia di perangkat realme 9 Pro+. Di mode ini tersedia fiturbneon trail, light trail portrait, light painting dan juga rush hour. Pengguna bisa bermain-main dengan cahaya di sekitar objek untuk membuat foto yang artisitk.

Masih di mode street fotografi, pengguna juga bisa memanfaatkan berbagai ukuran lensa jika ingin mengambil objek dengan jarak yang jauh. Tersedia lensa 16mm, 24mm, 50mm dan juga 120mm. Hasilnya yang didapat cukup detail dengan warna-warna yang natural.

Fitur kamera realme 9 Pro+

Sementara itu di mode Portrait, kamera realme 9 Pro+ menyediakan filter yang beragam, tiga diantaranya sangat saya sukai yaitu Dynamic Bokeh, AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait. Di mode ini kalian bisa memotret objek manusia dengan latar belakang yang bokeh. Buat konten di media sosial pasti akan sangat menarik.

Untuk perekaman videonya tidak kalah mennarik, smartphone ini menyediakan ipilihan resolusi perekaman mulai dari 720p, 1080p hingga kualitas 4K. Frame rate-nya juga bisa dipilih, mau yang 30 FPS atau 60 FPS. Tetapi jika memilihi kualitas perekaman 4K kalian hanya bisa menggunakan opsi 30 FPS. Filter yang tersedia pada mode video ini sama seperti yang terdapat pada mode portrait.

Untuk kebutuhan penciptaan konten baik foto maupun video, realme 9 Pro+ ini sangat bisa jadi andalan baru para pencipta konten.

Antarmuka & fitur lain.

Realme 9 Pro+ menggunakan system operasi Android 12 berbalut antarmuka realme UI 3.0 yang menurut saya telah mengalami penyempurnaan yang jauh lebih baik dan stabil. Peralihan dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya cukup smooth.

Dengan adanya side bar menu kalian dapat mengakses aplikasi lain yang dibutuhkan dengan sangat mudah. Bahkan kalian bisa membuka dua aplikasi lain sekaligus dengan menggunakan split screen cukup dengan mendrag keluar ikon aplikasi yang ingin dibuka dari menu side bar.

Buat penikmat musik yang suka tidak mau berlangganan Youtube Premium, realme UI 3.0 ini menyediakan solusinya. Kalian bisa membuka video music yang diinginkan kemudian buka menu side bar dan pilih background stream. Maka video music yang kalian putar akan tetap berjalan di background, sementara kalian tetap bisa membuka aplikasi lain.

Tanpa fitur background stream tentunya hal tersebut tidak akan bisa dilakukan karena video akan otomatis berhenti jika kita membuka aplikasi lainnya. Tapi tetap saja aka nada iklan yang diputar pada channel Youtube yang kalian dengarkan.

Untuk ualitas suara dari perangkat ini juga cukup enak di dengar telinga karena realme 9 Pro+ ini sudah dilengkapi dengan system audio Dolby Atmos.

Smartphone terbaru realme yang dijual di Shopee ini juga dilengkapi dengan fitur lainnya seperti NFC untuk melakukan transaksi nir sentuh atapun mentransfer file. Tentunya ini akan sangat bermanfaat sekali di masa pandemic seperti sekarang ini.

Kesimpulan

Realme membuka tahun 2022 ini dengan smartphone flagship kelas menengah dengan kemampuan fotografi dan performa perangkat yang sangat bisa diandalkan dan pastinya akan menjadi senjata andalan baru bagi para pencipta konten. Penawaran ini pastinya sangat sulit untuk dilewatkan.

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin Konten Makanan Biar Viral

Techbiz.id - Penikmat video pendek makin sering disuguhkan konten seputar makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak. Konten mengenai...