Minggu, Mei 22, 2022
BerandaReview Gadget TerbaruReview vivo V23 5G: Desain Cantik! Buat Foto OK Peforma Juga OK!

Review vivo V23 5G: Desain Cantik! Buat Foto OK Peforma Juga OK!

Must Read

Techbiz.id – vivo v23 5G resmi mendarat di Tanah Air pada akhir Januari 2022 lalu. Smartphone besutan vendor asal Tiongkok ini memiliki ciri khas yang unik dalam industri smartphone.

Keunikan tersebut terletak pada desain yang dapat berubah warna. Bodi belakang vivo v23 5G mengusung color changing fluorite AG glass.

Tekonologi tersebut memungkikan warna pada bagian belakang smartphone ini berubah dari warna keemasan menjadi hijau kebiruan. Kondisi tersebut akan terpenuhi apabila smartphone terpapar sinar UV.

Terobosan yang dilakukan vivo melahirkan inovasi yang anti-mainstream dikala vendor smartphone sedang “perang spesifikasi”.

Saya berkesempatan untuk mengulas vivo v23 5G warna Sunshine Gold. Simak ulasan lengkapnya!

Review vivo V23 5G

Harga dan spesifikasi Vivo V23 5G

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai review lengkap vivo v23 5G, mari kita simak isi kotak penjualannya terlebih dahulu:

  • 1 unit vivo V23 5G
  • 1 unit kepala charger 44W FlashCharge
  • 1 unit USB Type C
  • Handsfree 3.5 mm
  • Konverter USB Type C – jack 3.5 mm
  • Case
  • SIM ejector
  • Panduan penggunaan dan kartu garansi

Desain Anti-mainstream, UV Color Changing Design

Harga dan spesifikasi Vivo V23 5G

vivo v23 5G hadir dalam dua varian warna yaitu Sunshine Gold dan Stardust Black. Berbeda dengan Sunshine Gold, varian warna Stardust Black tidak dapat berubah warna.

Unit yang saya review memiliki ketebalan bodi 7.55 mm dengan bobot 181 gr. Feel ketika menggenggam smartphone ini cukup nyaman dan ringan. Meski bagian belakangnya ini agak licin.

Apalagi bagian frame-nya bermaterial aluminium dengan warna rose gold dengan desain rounded corner. Perpaduan warna yang cocok dan bodi yang terlihat solid, membuat vivo v23 5G bikin pede ketika sedang ‘mejeng’ di tempat umum.

Kembali membahas warna. vivo v23 5G Sunshine Gold memiliki keunikan tersendiri. Saya coba meletakkan daun pada bagian belakang smartphone ini di bawah sinar UV. Tunggu beberapa detik, setelah daun diangkat maka akan berbekas ceplakan motif.

Vivo V23 5G Indonesia

Namun ini hanya berlangsung selama beberapa detik saja loh ya. Warna akan kembali lagi ke bentuk semulanya.

Performa yang Gak Kalah Joss

Disamping inovasi pada desain v23 5G, sepertinya pabrikan smartphone yang didominasi warna biru ini juga fokus terhadap performa.

vivo v23 5G membawa chipset MediaTek Dimensity 920 yang mengemas 2x Cortex A78 dengan clock hingga 2.5 GHz dan 6x Cortex A55 dengan clock hingga 2.0 GHz.

Prosesor terbaik dikelasnya tersebut ditandem dengan RAM 8GB dan fitur tambahan 4 GB Extended RAM 2.0. Fitur Extended RAM memungkinkan perangkat menggunakan memori internal sebagai RAM virtual untuk menambah performa agar performa semakin joss.

benchmark vivo v23 5G

Ada juga peyimpanan internal 128GB yang saya rasa sudah cukup untuk menyimpan berbagai konten multimedia, aplikasi, dan dokumen.

Berdasarkan hasil review saya, masalah performa untuk daily driver tidak ada masalah apa pun ya ges ya. Aktivitas multi-tasking sangat lancar tanpa hambatan.

Ditambah batere sebesar 4200mAh dengan teknologi 44W FlashCharge. Bagi saya batere tersebut sudah cukup untuk mengisi aktivitas online sepanjang hari.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Vivo V23 5G di Indonesia

Hadirnya pengisian super cepat 44W dapat mengisi batere hingga 38% selama 15 menit. Untuk pengisian hingga penuh hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam saja.

Selanjutnya untuk aktivitas gaming-nya vivo v23 5G masih bisa diandalkan.

PUBG Mobile dapat diatur pengaturan smooth-extreme. Sementara graphic tertingginya mentok di HD-Ultra. Pengalaman bermain PUBG Mobile pada vivo v23 5G sesuai dengan ekspektasi. Meski terkadang terdapat sedikit saja frame drop.

Selanjutnya untuk Mobile Legends. Sayangnya pengaturan graphic masih mentok di High. Namun mode refresh rate tinggi sudah bisa diaktifkan agar pengalaman bermain lebih baik lagi. Tidak ada kendala saat bermain game Mobile Legends di vivo v23 5G.

Selain memberikan performa yang cukup mumpuni, vivo v23 5G juga memiliki layar AMOLED 6,44 inci dengan refresh rate 90Hz dan sampling rate 180Hz.

Refresh rate ini menunjukan peningkatan daripada vivo v23e yang telah duluan hadir di Indonesia akhir tahun 2021 lalu.

Kamera dengan Hasil Memukau

vivo v23 5G memiliki kamera depan dengan resolusi 50MP Ultra-Sensing Portrait Camera ditambah 8MP Super Wide-Angle Night Camera.

Setelah ber-selfie ria dengan smartphone ini, hasilnya cukup memuaskan. Terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan demi menghasilkan foto yang apik.

Dengan dan tanpa menggunakan fitur beauty kamera depan vivo v23 5G cukup bagus dalam menghasilkan gambar.

Bicara foto di malam hari, vivo v23 5G juga memberikan hasil yang cukup memukau. Salah satu yang bikin unik juga yaitu tersedia lampu flash bak ring light. Lampu flash ini berada diantara earpiece.

Selain itu, saya juga memaksimalkan fitur potrait untuk menangkap gambar di malam hari. Hasilnya bisa dilihat di bawah ini:

Selanjutnya kita beralih ke kamera utama. vivo V23 5G dibekali triple-camera dengan masing-masing resolusi  64MP AF Night Camera, 8MP Super Wide-angle Camera, dan 2MP Sensor Macro Camera.

Untuk hasil jepretan kamera vivo V23 5G menurut saya cukup memuaskan. Apalagi hasil foto potretnya yang tidak terlalu lebay bokehnya. Pengguna juga bisa mengatur sendiri tingkat bokeh.

Kesimpulan

Setelah puas menikmati berbagai performa dan kualiatas kamera vivo V23 5G saya menyimpulkan bahwa smartphone ini dibutuhkan untuk pengguna yang memiliki aktivitas padat dengan kebutuhan fotografi.

vivo v23 5G juga sudah mendukung konektivitas 5G serta NFC multifungsi yang dapat pengguna andalkan.

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin Konten Makanan Biar Viral

Techbiz.id - Penikmat video pendek makin sering disuguhkan konten seputar makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak. Konten mengenai...