Selasa, September 27, 2022

Transaksi Jual Beli Token ASIX Anang Hermansyah Dilarang, Ini Kata Bappebti

Techbiz.id – Belakangan ini ramai publik figur yang ikut meluncurkan token besutannya masing-masing, termasuk Anang Hermansyah. Penyanyi asal Jember itu meluncurkan token yang dikenal sebagai ASIX.

Namun, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) selaku lembaga yang berwenang telah melarang transaksi jual beli token ASIX tersebut. Hal ini disampaikan melalui unggahan dari akun Twitter resmi @infobappebti, Kamis (10/2).

Dalam cuitan resminya, Bappebti mengatakan alasannya karena ASIX tidak masuk ke dalam daftar 229 aset kripto yang telah berizin di Indonesia.

“Selamat siang, dapat kami sampaikan bahwa Token ASIX dilarang untuk diperdagangkan karena tidak termasuk ke dalam 229 aset kripto yang boleh diperdagangkan dalam transaksi aset kripto di Indonesia sesuai Peraturan Bappebti Nomor 7 tahun 2020. Terima kasih,” demikian tulis akun Twitter Bappebti merespons pertanyaan salah seorang warganet.

Baca juga: OJK Larang Penjualan Aset Kripto Bagi Perbankan

Sebagai informasi, Bappebti baru-baru ini mengumumkan 229 aset kripto yang sudah resmi diakui di Tanah Air. Dengan demikian, 229 aset kripto tersebut sudah diperbolehkan untuk diperjualbelikan di Indonesia.

Adapun sebanyak 229 crypto yang mendapatkan izin ini diputuskan melalui upaya pendekatan secara yuridis (melihat peringkat 500 coin market cap/CMC) sesuai ketentuan Pasal 3 ayat (2) huruf c Perba Nomor 5 Tahun 2019.

Guna mengetahui daftar aset kripto tersebut, silahkan kunjungi artikel “Resmi, Ini Daftar Crypto yang Diakui Pemerintah“.

Terkait

Artikel Terkait

Gigabyte Tawarkan Kartu Grafis AORUS Berbasis GeForce RTX 40 Series

Techbiz.id - Gigabyte meluncurkan kartu grafis AORUS lini teratasnya dengan desain yang di tingkatkan dan fitur yang semakin baik,...