Jumat, Oktober 7, 2022

YouTube Bakal Tambah Banyak Fitur Baru, Ada NFT dan Live Shopping

Techbiz.id – Awal tahun ini, CEO YouTube, Susan Wojcicki memaparkan gambaran umum tentang apa yang direncanakan raksasa video itu untuk tahun depan, termasuk petunjuk kuat bahwa mereka sedang mempertimbangkan pengenalan NFT.

Kini giliran Kepala Produk Situs, Neal Mohan, yang memaparkan lebih lanjut mengenai rencana tersebut melalui posting blog resminya. Dalam postingan blognya, Mohan menyebutkan beberapa tools baru, termasuk fitur NFT dan Live Shopping.

“Kami melihat banyak aplikasi menarik, seperti NFT digunakan untuk membantu mengelola komunitas dengan minat yang sama; memungkinkan penggalangan dana untuk kreator; membantu kreator mencetak dan menjual karyanya dengan cara yang dapat diverifikasi yang juga memberi mereka keuntungan untuk penjualan setelahnya,” kata juru bicara YouTube, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (14/2/2022).

Fitur baru lainnya, tulis Mohan, akan mencakup lebih banyak fitur seputar Belanja, di mana YouTube akan memperkenalkan video yang dapat dibeli, Live Shopping dan lebih banyak peluang belanja ‘di seluruh aplikasi’.

“fitur ini telah diuji dalam beberapa bulan terakhir. Satu tes dengan Walmart dan lainnya memiliki lebih dari 2 juta tampilan dan 1,4 juta pesan live chat,” tulis YouTube.

Baca juga: YouTube Shorts Siap Adopsi Fitur-fitur Serupa TikTok

Lebih lanjut, platform video itu juga akan bereksperimen dengan fitur livestreaming. Salah satunya dengan merilis fitur Collaboration, di mana kreator bisa livestream dan berinteraksi secara bersamaan.

Untuk membantu kreator menciptakan konten yang lebih menarik, YouTube juga akan memberikan data analitik dan informasi tambahan lewat YouTube Studio.

Tidak ketinggalan, untuk bersaing dengan TikTok, YouTube juga akan merilis lebih banyak fitur untuk platform video singkatnya, Shorts. Mohan mengatakan fitur baru yang akan diluncurkan antara lain lebih banyak efek video dan alat editing, serta opsi untuk membalas komentar dengan video.

Terkait

Artikel Terkait

BAKTI Targetkan Bangun 7.000 BTS 4G Hingga 2024

Techbiz.id - Meskipun memiliki tantangan yang cukup berat, hingga tahun 2024 mendatang Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) Kominfo optimis...