Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaDevicesAndroid 13 Bakal Mampu Deteksi Aplikasi yang Kuras Baterai

Android 13 Bakal Mampu Deteksi Aplikasi yang Kuras Baterai

Must Read

Techbiz.id – Sistem operasi Android 13 dikabarkan bakal membawa fitur yang mampu mendeteksi aplikasi yang menggunakan baterai ponsel secara berlebih.

Melalui fitur ini, sistem akan mengirimkan notifikasi kepada pengguna ketika sebuah aplikasi memiliki “penggunaan baterai latar belakang yang berlebihan.”

Seperti yang telah dituliskan oleh Google dalam sebuah postingan tentang fitur terbaru Android 13, ketika ponsel pengguna mendeteksi aplikasi yang menghabiskan banyak energi dari baterai selama 24 jam, maka akan muncul pemberitahuan untuk baterai yang berlebihan.

Adapu notifikasi baru tersebut akan berlaku untuk semua aplikasi, terlepas dari apakah aplikasi tersebut dibuat khusus untuk Android 13 atau tidak. Satu-satunya persyaratan agar fitur notifikasi penggunaan baterai berlebih ini muncul adalah perangkat berjalan di atas Android 13.

Nantinya, saat ponsel menampilkan notifikasi untuk aplikasi dengan penggunaan baterai latar belakang yang berlebihan, notifikasi tersebut tidak akan muncul lagi hingga setidaknya 24 jam telah berlalu.

Setiap kali notifikasi muncul, sistem akan menunggu hingga pengguna mengabaikan pesan atau proses yang menguras baterai berhenti. Tetapi jika aplikasi terus menguras baterai, maka ponsel akan menampilkan pesan notifikasi lagi setelah 24 jam.

Dengan Android 13, Google juga akan memperkenalkan pemberitahuan untuk “layanan latar depan yang berjalan lama.”

Baca juga: Viral! Begini Cara Main Kuis Hari Bumi di Google

Jika ponsel mendeteksi aplikasi yang telah berjalan setidaknya selama 20 jam dalam jendela 24 jam, sistem akan mengirim pesan yang mengatakan, “APP [mungkin pengganti untuk nama aplikasi yang berjalan lama] sedang berjalan di latar belakang untuk waktu yang lama. Ketuk untuk meninjau.”

Kemudian, saat pengguna mengetuk pesan, ponsel Anda selanjutnya akan membuka Pengelola Tugas Foreground Services (FGS).

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...