Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaDevicesApple Hemat Rp93 Triliun Berkat Jual iPhone tanpa Charger

Apple Hemat Rp93 Triliun Berkat Jual iPhone tanpa Charger

Must Read

Techbiz.id – Sejak tahun 2020, Apple mulai menjual seri iPhone 12 tanpa charger dan earpods. Perusahaan telah menyebutkan berbagai alasan untuk langkah ini.

Namun kini, sebuah laporan mengungkapkan bahwa Apple menghemat hingga miliaran dollar AS berkat menjual iPhone tanpa charger dan earpods.

Laporan dari Daily Mail menyebutkan, Apple telah menghemat sekitar 5 miliar Poundsterling (setara Rp 93 triliun) sejauh ini setelah melepas pengisi daya dan EarPods dari kotaknya.

Dilansir dari Gizmochina (14/3/2022), Apple kemungkinan telah menghapus aksesori dasar dari kotak untuk menebus biaya modem 5G baru di iPhone mereka.

Ketika Apple pertama kali mengumumkan bahwa mereka akan melepas pengisi daya dan earpods, beberapa spekulasi mengatakan perusahaan tersebut hanya berusaha untuk menghemat lebih banyak keuntungannya meskipun secara resmi menyatakan alasan ramah lingkungan.

Perusahaan pemilik iPhone itu juga mengklaim, manfaat dari melepas dua item akan membuat kotak pembelian menjadi lebih kecil, dimana memungkinkan 70 persen lebih banyak perangkat untuk masuk ke dalam pengiriman.

Baca juga: Resmi Dirilis, iPhone SE 2022 Jadi Ponsel 5G Termurah Apple

Dengan demikian, lebih banyak kotak berarti Apple dapat mengirimkan lebih banyak iPhone sekaligus. Khususnya, mengurangi kotak ritel juga berarti perusahaan dapat mengurangi biaya pengiriman sekitar 40 persen.

Selain itu, Apple juga kini telah menerima pendapatan tambahan dari konsumen yang membeli earpods atau AirPods dan charger secara terpisah.

Ketika dihitung, khusus pengguna yang menginginkan earphone, setidaknya mengeluarkan uang 19 dollar AS (sekitar Rp 273.000), atau senilai 129 dollar AS (sekitar Rp 1,8 juta) jika memilih AirPods.

Jadi, tidak heran jika Apple berhasil meraup banyak pundi-pundi besar hanya dalam waktu dua tahun.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...