Selasa, Mei 24, 2022
BerandaDevicesApple Tak Lagi Perbaiki iPhone yang Pernah Dicuri dan Hilang, Kenapa?

Apple Tak Lagi Perbaiki iPhone yang Pernah Dicuri dan Hilang, Kenapa?

Must Read

Techbiz.id – Apple tampak serius dengan iPhone yang pernah dilaporkan ‘hilang’ atau ‘dicuri’. Perusahaan dikabarkan memilih untuk tidak lagi memperbaiki iPhone dengan embel-embel tersebut.

Menurut laporan dari MacRumors, mereka mendapatkan memo internal yang dikirim ke karyawan Apple Store yang pada dasarnya menginstruksikan mereka untuk tidak memberikan layanan perbaikan untuk iPhone yang telah ditandai hilang atau dicuri di GSMA Device Registry.

Bagi mereka yang belum terbiasa, GSMA Device Registry sendiri pada dasarnya adalah semacam database internasional di mana pemilik ponsel cerdas dapat melaporkan dan mendaftarkan kejadian di mana ponsel mereka mungkin hilang atau dicuri.

Hal ini karena laporan tersebut bergantung pada IMEI yang unik untuk setiap perangkatnya. Sehingga, memungkinkan perusahaan seperti Apple untuk memeriksa jenis laporan ini ketika perangkat dibawa untuk diperbaiki.

Baca juga: Pengguna iOS 15.4 Keluhkan Baterai iPhone Menjadi Boros

Apple sebelumnya telah menolak iPhone yang hilang atau dicuri tetapi hanya jika fitur ‘Find My’ diaktifkan. Jadi dengan memperluas cakupannya ke GSMA Device Registry, Apple juga dapat menyertakan perangkat yang mungkin tidak mengaktifkan fitur Find My.

Dilansir dari Ubergizmo (30/3/2022), Apple mengambil langkah ini guna mencegah terjadinya pencurian iPhone. Pasalnya, iPhone sendiri memiliki nilai jual kembali dengan cukup baik, tidak mengherankan jika iPhone adalah barang yang populer untuk dicuri.

Namun kini, Apple telah membuat langkah-langkah keamanan tertentu sehingga pemilik iPhone dari jarak jauh dapat menonaktifkan iPhone yang hilang atau dicuri.

Terkait

Artikel Terkait

Tablet Oppo Pad Air Meluncur, Pakai Chip Snapdragon dan Layar 2K

Techbiz.id - Makin serius dengan memasuki pasar tablet, Oppo kini meluncurkan OPPO Pad Air. Peluncuran tablet baru andalan perusahaan...