Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaDigiBizOYO Bantu Digitalisasi Desa Wisata

OYO Bantu Digitalisasi Desa Wisata

Must Read

Techbiz.id – Perusahaan hospitality berbasis teknologi, OYO, menginisiasi kolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta pemerintah daerah setempat mendukung percepatan dalam pengembangan Desa Wisata melalui digitalisasi.

Berbekal kemampuan teknologi OYO, kolaborasi yang dinamakan program Maju Bersama Desa Wisata ini diharapkan mampu mengoptimalkan potensi Desa Wisata di Indonesia.

Seperti diketahui, pariwisata alternatif yang memberikan konsep wisata lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal, semakin menjadi tren bagi wisatawan, terlebih di tengah pandemi. 

Oleh karena itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno juga menekankan pentingnya digitalisasi dalam mendorong Desa Wisata Maju.

Baca juga: Desa Digital Nusantara Dekatkan Masyarakat dengan Ekonomi Digital

Kami ingin mengajak OYO dan rekan-rekan semua untuk perkuat destinasi wisata dengan digitalisasi melalui pemanfaatan teknologi digital, bukan hanya menjual secara online tetapi juga mempromosikan dan menghadirkan konten-konten kreatif,” ucap Sandiaga.

desa wisata oyo

Melalui standarisasi layanan berbasis CHSE  yang OYO miliki dan fitur-fitur teknologinya, menurut Sandiaga memberikan preferensi kenyamanan tersendiri bagi wisatawan dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan cepat.

Sementara itu menurut Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Hotels and Homes Indonesia, digitalisasi menjadi kunci bagi percepatan pengembangan Desa Wisata.

“Kami melihat bahwa digitalisasi semakin mengambil peran dominan dalam masa pemulihan saat ini. Selain itu, preferensi konsumen juga semakin beralih ke wisata alam dan lokal,” ungkapnya.

Oleh karena itu, berbekal kemampuan teknologi dan jangkauan pasar, menurut Agus, OYO optimis bahwa kolaborasi ini mampu mempercepat pengembangan Desa Wisata yang memiliki konsep pariwisata unik.

Guna memperluas jangkauan pasar, OYO juga telah menggandeng beberapa Online Travel Agent (OTA) yang  bekerjasama di jaringan OYO untuk turut membantu memasarkan kamar penginapan yang berada di destinasi wisata.

OYO juga akan menstandarisasi fasilitas dan layanan di Desa Wisata, salah satunya dengan melakukan transformasi penginapan yang tetap mempertahankan kearifan lokal Desa Wisata setempat.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...