Selasa, Mei 24, 2022
BerandaNewsQR Code Menyimpan Bahaya Serangan Siber

QR Code Menyimpan Bahaya Serangan Siber

Must Read

Techbiz.id – Saat ini penggunaan QR Code sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Namun, kemudahan yang ditawarkan oleh QR Code mengandung bahaya dan menyimpan saluran baru bagi pelaku kejahatan digital untuk menyerang data pribadi masyarakat atau tindak kejahatan digital lainnya.

Seperti yang terjadi di Massachusetts, Amerika,  dimana terdapat kasus pemalsuan QR Code di lingkungan parkir setempat yang mengarahkan ke website bukan untuk melakukan pembayaran parkir, melainkan untuk mencuri informasi pribadi melalui website pembayaran palsu.

Dengan adanya kasus tersebut, FBI (Federal Bureau of Investigation) mengeluarkan peringatan bahwa saat ini pelaku kejahatan digital memanfaatkan QR Code untuk mencuri data login dan informasi keuangan melalui website-website berbahaya.

Masyarakat dengan adanya kasus ini semakin dituntut untuk lebih bijak dalam menyikapi dan menggunakan teknologi yang saat ini membuat semua serba mudah.

Baca juga: Tips Aman dalam Bertransaksi Keuangan Digital

Menurut Presiden Direktur PT ITSEC Asia, Andri Hutama Putra, sebagian besar kejahatan siber melalui penggunaan QR Code berbentuk phising, yang mana si pelaku kejahatan siber memberikan baik website/link palsu untuk menipu masyarakat agar mereka memberikan informasi pribadinya dengan cara-cara seperti permintaan login.

“Jika masyarakat tidak jeli dalam melihat informasi dari QR Code tersebut, data-data pribadi masyarakat dapat terancam dan berdampak pada kerugian-kerugian seperti finansial dan lainnya,” ucapnya.

Seperti diketahui, di era digital tanah air yang setiap hari kian maju, fitur-fitur kemudahan teknologi semakin menyasar banyak aspek kehidupan sehari-hari masyarakat.

Mulai dari pembayaran, kegiatan belajar, bekerja, operasional usaha, hingga layanan pemerintah menjadi pasar yang sangat sehat bagi perusahaan-perusahaan teknologi untuk memberikan layanan digital guna meningkatkan kualitas dan user experience produk atau layanan yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Era pandemi bahkan membuat semua hal serba digital, masyarakat juga dapat banyak melihat penggunaan QR Code seperti untuk transaksi pembayaran, akses dokumen seperti melihat menu di restoran, check in lokasi, log in aplikasi atau kegiatan bertukar informasi lainnya.

Terkait

Artikel Terkait

Tablet Oppo Pad Air Meluncur, Pakai Chip Snapdragon dan Layar 2K

Techbiz.id - Makin serius dengan memasuki pasar tablet, Oppo kini meluncurkan OPPO Pad Air. Peluncuran tablet baru andalan perusahaan...