Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaDevicesSelain Makro, Ini 8 Jenis Sensor Kamera yang Bisa Ada di HP...

Selain Makro, Ini 8 Jenis Sensor Kamera yang Bisa Ada di HP Kamu

Must Read

Techbiz.id – Mengambil gambar dari handphone (HP) dengan satu ketukan merupakan tugas yang cukup mudah. Namun nyatanya ada banyak faktor yang menentukan hasil yang kita dapatkan dari kamera HP kita, termasuk sensor gambar.

Sensor gambar merupakan salah satu faktor yang bergantung pada kamera ponsel cerdas. Sensor gambar menangkap cahaya yang masuk melalui lensa untuk membuat foto digital pada handphone.

Sensor ini dipasangkan dengan lensa untuk memberikan output yang diinginkan. Sebagian besar pembuat ponsel cerdas menawarkan mode khusus untuk membantu pengguna mendapatkan yang terbaik dari sensor kamera yang tersedia.

Salah satunya adalah sensor makro. Sensor ini memungkinkan pengguna untuk menangkap objek dari jarak dekat. Tidak hanya itu saja, masih banyak jenis sensor lainnya. Guna mengetahui lebih lanjut mari kita lihat jenis sensor kamera berikut ini, sebagaimana dilansir dari Gadgetsnow :

  1. Sensor Makro

Seperti yang disampaikan sebelumnya, sensor Makro memungkinkan kamu untuk menangkap objek dari jarak dekat. Sebagian besar ponsel yang dibekali sensor makro memungkinkan pengguna mendapatkan gambar detail subjek yang berjarak kurang dari 10 cm dari lensa kamera.

Dengan beberapa kamera, kamu bahkan bisa mendapatkan sedekat 2cm dari subjek yang memungkinkan close up yang luar biasa dari subjek kecil seperti serangga.

  1. Sensor Time of Flight (ToF)

Sensor Time of Flight (ToF) menggunakan cahaya inframerah untuk menentukan informasi kedalaman. Alat ini menggunakan kecepatan cahaya yang diketahui untuk mengukur jarak, secara efektif menghitung jumlah waktu yang diperlukan agar berkas cahaya yang dipantulkan kembali ke sensor kamera. Sensor ini biasanya digunakan pada HP kelas atas untuk memberikan efek pengaburan latar belakang.

  1. Sensor Kedalaman (Depth Sensor)

Seperti namanya, tujuan utama sensor kedalaman pada HP adalah untuk merasakan kedalaman. Sensor ini akan membantu kamu mendapatkan efek blur gaya profesional dan rendering efek augmented reality yang lebih baik.

Biasanya, jenis sensor tersebut hadir baik di kamera depan maupun belakang, terutama HP menawarkan mode Portrait. Sensor sangat membantu untuk mencapai efek kedalaman tanpa optik yang mahal.

Baca juga: Rekomendasi HP Xiaomi Tiga Kamera Terbaru 2021

  1. Sensor Telefoto

Dengan bantuan kamera telefoto pada ponsel cerdas, kamu dapat memperbesar pemandangan atau subjek tunggal sesuai kebutuhan. Sensor memungkinkan dengan mudah menangkap subjek dari jarak jauh.

Sensor Telefoto mendukung optical zoom yang dianggap lebih baik dari digital zoom. Zoom optik yang ditawarkan oleh sensor dapat bergantung pada lensa yang dipasangkan dan HP itu sendiri. Sensor ini biasanya juga didukung dengan AI yang meningkatkan stabilitas dan mengurangi noise.

  1. Sensor LiDAR

Sensor LiDAR dapat ditemukan pada model iPhone 12 Pro dan iPhone 13 Pro. Sensornya merupakan jenis sensor ToF. Sensor LiDAR sendiri telah populer di mobil self-driving dan teknologi pemetaan udara.

Cara kerja sensor ini adalah dengan memancarkan banyak sinyal yang mengenai subjek dan kembali ke sensor. Sinyal waktu yang diperlukan untuk bangkit kembali kemudian diukur dan memberikan kemampuan pemetaan kedalaman.

Sehingga, sensor ini berguna untuk memberikan fokus cahaya rendah yang lebih baik dan juga mendukung aplikasi augmented reality. Karena sensor membantu smartphone untuk mendapatkan detail yang akurat tentang kedalaman, ini cukup membantu saat menggunakan elemen AR di foto.

  1. Sensor Ultra-wide

Jika kerap kali mengambil selfie sudut lebar atau bidikan sudut lebar, itu merupakan hasil dari sensor Ultra-wide. Sensor ini mampu memberikan bidang pandang yang luas dan memperluas tampilan kamera secara signifikan, dimana dapat menangkap sudut pandang lebih besar dari 90 derajat.

Beberapa dari sensor Ultra-wide ini juga disebut sebagai mata ikan karena lensa yang dipasangkan dengannya. Sensor ini juga ditemukan baik di kamera depan maupun di kamera belakang.

Baca juga: Rekomendasi HP Empat Kamera dengan Harga Rp 1 Jutaan

  1. Sensor Monokrom

Meskipun tidak cukup lazim, tetapi beberapa HP di pasaran hadir dengan sensor khusus untuk menangkap gambar monokrom atau dalam karya lain hitam putih. Sensor akan membantu kamu mendapatkan gambar hitam putih yang tajam. Smartphone terbaru mampu memadukan ketajaman yang mereka dapatkan dari sensor warna normal untuk mendapatkan foto hitam putih yang jenuh dengan baik.

  1. Fokus otomatis deteksi fase (PDAF)

Teknologi fokus otomatis deteksi fase menggunakan piksel bertopeng berpasangan pada sensor gambar yang dirancang untuk meniru mata pengguna. Prosesor sinyal gambar menyesuaikan lensa kamera hingga kedua gambar tampak fokus. Ini membantu untuk mencapai gambar yang lebih tajam tanpa menunggu kamera untuk fokus perlahan.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...