Kamis, April 25, 2024

Sony dan Honda Garap Kendaraan Listrik Bersama, Pesaing Tesla

Techbiz.id – Sony dan Honda berencana membentuk perusahaan baru untuk merancang dan menjual kendaraan listrik bersama. Tampaknya perusahaan ini akan menjadi pesaing mobil listrik, Tesla.

Menurut laporan, Sony dan Honda telah menandatangani nota kesepahaman yang menyatakan rencana mereka. Perusahaan baru yang belum disebutkan namanya itu diharapkan akan terbentuk tahun ini, dimana penjualan model EV pertama direncanakan pada tahun 2025.

Melalui kerjasama ini, Honda akan memproduksi model pertama, dengan perusahaan baru yang menyerahkan desain, pengembangan, dan penjualan kendaraan. Sementara Sony akan mengembangkan platform layanan mobilitas.

Adapun kemitraan ini dimaksudkan untuk menggabungkan keahlian Honda dalam membuat dan memasarkan mobil dengan kemampuan Sony dalam sensor gambar, telekomunikasi, dan hiburan, seperti dilansir dari The Verge, Jumat (4/3/2022).

“Melalui aliansi dengan Honda ini, kami bermaksud membangun visi kami untuk ‘membuat ruang mobilitas menjadi ruang yang emosional,’ dan berkontribusi pada evolusi mobilitas yang berpusat pada keselamatan, hiburan, dan kemampuan beradaptasi.” kata CEO Sony, Kenichiro Yoshida.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Honda, Toshihiro Mibe mengatakan “Perusahaan Baru ini akan bertujuan untuk berdiri di garis depan inovasi, evolusi, dan perluasan mobilitas di seluruh dunia, dengan mengambil pendekatan yang luas dan ambisius untuk menciptakan nilai yang melebihi harapan dan imajinasi pelanggan,”

“Kami akan melakukannya dengan memanfaatkan teknologi mutakhir dan pengetahuan Honda dalam kaitannya dengan lingkungan dan keselamatan, sambil menyelaraskan aset teknologi kedua perusahaan.” imbuhnya.

Baca juga: Kamera Sony Alpha 7 IV Resmi Hadir, Ini Harganya

Sebagai informasi, Sony sendiri telah mengisyaratkan rencananya untuk memasuki dunia otomotif beberapa waktu lalu, tetapi ini menandai langkah konkret pertamanya ke industri komersial.

Di CES 2020, Sony bahkan memamerkan mobil konsep listrik bernama Vision-S, dan menindaklanjutinya di CES 2022 dengan Vision-S 02. Kala itu Sony mengumumkan rencana untuk mendirikan perusahaan operasi bernama Sony Mobility pada musim semi 2022.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...