Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaNewsTeknologi Data Tibco Bawa Tim F1 Mercedes Raih Kemenangan

Teknologi Data Tibco Bawa Tim F1 Mercedes Raih Kemenangan

Must Read

Techbiz.id – TIBCO menjalin kemitraan berkelanjutannya dengan Mercedes – AMG Petronas Formula One Team, Juara Dunia Konstruktor FIA Formula One (F1) delapan kali.

Sebagai informas, selama musim lalu, tim F1 Mercedes memperluas penggunaan platform TIBCO Spotfire dalam simulasi balapan yang memengaruhi keputusan pengaturan dan konfigurasi mobil terkini.

Tim tersebut juga memperluas penggunaan TIBCO Cost Visualizer Tool untuk analisis biaya terperinci di seluruh sumber data baik keuangan maupun yang berhubungan dengan teknik guna mematuhi peraturan batas biaya FIA. Kedua teknologi tersebut memainkan peran penting dalam desain, pengembangan, dan teknik di balik performa kendaraan all-new Mercedes-AMG F1 W13 EQ.

“Dengan sejumlah protokol COVID-19, aturan-aturan baru, serangkaian sirkuit baru, dan jadwal penuh yang memberi tekanan besar pada semua orang, tahun ini adalah tahun yang menantang bagi semua tim.

Menurut Chief Analytics Officer, TIBCO, Michael O’Connell, saat musim balapan tiba, penggunaan teknologi kembar digital dan simulasi balapan memerankan peran penting dalam mengoptimalkan performa mobil dan mempertahankan pencapaian juara dalam lingkungan yang sangat kompetitif.

Baca juga: Mercedes Benz C-Class Gunakan Modul Kamera ADAS LG

“Seluruh tim TIBCO ingin mengucapkan selamat kepada Mercedes-AMG Petronas Formula One Team atas kejuaraan yang luar biasa dan prestasi sebagai Juara Dunia Konstruktor FIA Formula One selama delapan kali berturut-turut,” ujarnya.

Perusahaan menjalin kemitraan berkelanjutan dalam inovasi baik di dalam maupun di luar lintasan. Platform TIBCO Spotfire memungkinkan Mercedes-AMG Petronas Formula One Team memahami faktor yang memengaruhi performa mobil dan memungkinkan pembaruan konfigurasi mobil sepanjang akhir pekan balapan.

Dengan sirkuit baru dan yang dimodifikasi, simulasi berbasis teknologi kembar memainkan peran yang penting bagi kesuksesan tim. Tim menggunakan platform Spotfire untuk menganalisis simulasi dan menilai efek parameter konfigurasi mobil yang dapat disesuaikan, termasuk suspensi, sayap depan dan belakang, serta aerodinamika pada performa mobil.

Dengan bekerja menggunakan teknologi kembar digital pada mobil, tim melakukan banyak simulasi, menggunakan kombinasi parameter yang dapat disesuaikan untuk menilai performa mobil dalam lintasan. Hasil simulasi kemudian digunakan untuk menyetel mobil dan mengonfigurasikannya sepanjang akhir pekan balapan.

Pengaturan dan konfigurasi mobil yang berkembang ini merupakan hal yang penting bagi performa mobil, terutama di set terakhir balapan di Amerika dan Timur Tengah, dalam pertempuran sengit meraih kejuaraan.

“Balapan telah menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar mobil. Kami perlu memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh pembalap tentang mobil yang ia kendarai hari itu, sirkuit, dan berbagai kondisi agar dia mendapatkan performa terbaik. Semua itu berasal dari data,” jelas Michael Taylor, IT Director, Mercedes – AMG Petronas Formula One Team.

Lebih lanjut disampaikannya, kemitraan dengan TIBCO menjadi semakin penting saat tim Mercedes menggunakan data untuk menciptakan tampilan yang lebih baik dari setiap balapan melalui simulasi. TIBCO Cost Visualizer Tool juga menurutya memberikan informasi  soal nilai dan biaya dari desain, pengerjaan, hingga performa di lintasan.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...