Jumat, Mei 27, 2022
BerandaAppsTikTok Hadirkan Platform Distribusi Musik, SoundOn

TikTok Hadirkan Platform Distribusi Musik, SoundOn

Must Read

Techbiz.id – TikTok menghadirkan sistem distribusi dan pemasaran musik in-house sendiri di dalam platform-nya yang dikenal sebagai SoundOn.

SoundOn akan memungkinkan para kreator ataupun musisi baru untuk mengunggah musik mereka langsung ke TikTok, lalu mendistribusikannya ke berbagai layanan streaming musik.

ByteDance, selaku perusahaan induk aplikasi, tidak akan membebankan biaya distribusi atau transaksi apa pun kepada para musisi, seperti dilansir dari Engadget, Kamis (10/3/2022).

Musisi nantinya akan mendapatkan 100 persen dari royalti mereka untuk waktu yang tidak terbatas ketika kreator TikTok menggunakan musik untuk video mereka, serta untuk apa pun yang mereka peroleh dari layanan streaming musik ByteDance, Resso.

Sementara untuk layanan streaming lainnya, mencakup Apple Music, Spotify, dan Pandora, para musisi akan mendapatkan 100 persen royalti mereka di tahun pertama dan kemudian hanya akan menjadi 90 persen di tahun-tahun setelahnya.

Seperti yang dilaporkan TechCrunch , platform distribusi musik serupa lainnya membebankan biaya berlangganan atau biaya untuk distribusi sambil membayar 100 persen royalti kepada musisi mereka.

Baca juga: Cara Download Lagu dari TikTok, Mudah Banget!

Pengguna SoundOn akan dapat memilih layanan streaming mana mereka ingin mengunggah musik mereka. Mereka juga akan mendapatkan akses ke wawasan audiens, saran dari tim pemasaran SoundOn, dan dukungan promosi dari TikTok.

Pengguna juga akan diverifikasi di TikTok, lalu profil mereka akan menampilkan trek lagu tersebut. Seperti disebutkan di halaman FAQ SoundOn, musisi akan mendapatkan semua hak atas musik mereka, dan mereka tidak diharapkan untuk menggunakan platform secara eksklusif.

TikTok sendiri sudah memiliki efek besar pada industri musik, berkat video viral di aplikasi yang cenderung menggunakan nada yang sama. Platform SoundOn, yang berpotensi memperluas pengaruh TikTok lebih jauh lagi di lanskap musik saat ini, pun telah hadir di AS, Inggris, Brasil, dan Indonesia. Sehingga musisi di wilayah tersebut dapat mengunjungi situs webnya untuk mendaftar.

Terkait

Artikel Terkait

Wah! Samsung Pamer Hasil Kamera dengan Resolusi 200 MP

Techbiz.id - Sensor kamera 200 MP Samsung memang telah diperkenalkan sejak tahun 2021 lalu. Namun kini, perusahaan baru saja...