Selasa, April 23, 2024

Video Instagram Kini Ada Subtitle Otomatis, Ada Bahasa Indonesia

Techbiz.id – Persaingan sengit antara Instagram dengan TikTok rupanya membuahkan hasil. Instagram kini memperkenalkan fitur subtitle di video, serupa teks otomatis yang dimiliki TikTok sejak April lalu.

Hal ini diumumkan oleh Adam Mosseri, Head of Instagram, melalui akun pribadinya bernama @mosseri. Ia menyebut, fitur ini nantinya hanya akan tersedia di postingan video di Instagram Feed (IG Feed).

Pengguna Instagram bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur serupa subtitle ini kapan pun mereka mau. “Fitur ini bakal mempermudah pengguna Instagram yang memiliki kesulitan atau masalah dengan pendengarannya,” ujar Mosseri.

Teks yang tampil secara otomatis pada awalnya akan tersedia dalam beberapa bahasa saja, tetapi Instagram berharap dapat memperluasnya ke lebih banyak bahasa dan negara.

Dilansir dari Techcrunch (2/3/2022), sejauh ini fitur tersebut sudah mendukung 17 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Dengan demikian, para konten kreator Instagram tidak perlu menambahkan teks sendiri secara manual dal video mereka.

Di sisi lain, fitur ini akan membantu pengguna Instagram yang lebih suka menonton video dengan suara tidak aktif. Sehingga tidak perlu menyalakan volume hanya untuk memahami apa yang dikatakan seseorang dalam video.

Subtitle Video Instagram

Adapun fitur bernama Captions di Instagram bisa ditemukan dengan memilih menu “Advanced Settings” ketika pengguna ingin mengunggah sebuah video, dan mengaktifkan fitur “Show Captions”.

Nantinya, subtitle dalam video tersebut akan ditampilkan secara otomatis oleh Instagram, dengan catatan bahasanya sudah didukung.

Baca juga: Instagram Perpanjang Limit Penggunaan Aplikasi

Sementara, bagi pengguna lain yang ingin melihat video dengan live caption itu bisa mengetuk ikon tiga titik atas pada postingan. Lalu pilih “Manage captions” dan mengaktifkan fitur “Captions” agar bisa menampilkan subtitle di video tersebut.

Hingga kini, fitur subtitle otomatis tampaknya masih belum tersedia untuk pengguna di Indonesia. Tak menutup kemungkinan Instagram akan meluncurkannya secara bertahap. Nantikan saja.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...