Senin, Mei 23, 2022
BerandaAppsAplikasi PeduliLindungi Dinilai Langgar HAM, Ini Sebabnya

Aplikasi PeduliLindungi Dinilai Langgar HAM, Ini Sebabnya

Must Read

Techbiz.id – Aplikasi PeduliLindungi Dinilai telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat melalui laporan Praktik Hak Asasi Manusia (HAM) di 200 negara.

Dalam laporan bertajuk “Indonesia 2021 Human Rights Report” itu, AS mengatakan ada indikasi aplikasi pelacakan Covid-19 Indonesia yang dikenal sebagai PeduliLindungi, telah melakukan pelanggaran HAM, terutama mengenai pelanggaran privasi seseorang.

Hal ini karena aplikasi itu memuat informasi mengenai puluhan juta masyarakat Indonesia. Pihak aplikasi juga diduga melakukan pengambilan informasi pribadi tanpa izin.

AS pun menyebut indikasi ini sempat disuarakan oleh beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Namun tidak dijelaskan secara rinci siapa saja LSM yang dimaksud.

Perlu diketahui, aplikasi PeduliLindungi memang mewajibkan masyarakat untuk melakukan check-in di aplikasi tersebut sebelum memasuki ruang publik, seperti mall atau gedung perkantoran.

Baca juga: Cara Scan QR PeduliLindungi Tanpa Internet Tetap Bisa, Check In!

“Aplikasi ini juga menyimpan informasi tentang status vaksinasi individu. LSM menyatakan keprihatinan tentang informasi apa dikumpulkan oleh aplikasi dan bagaimana data ini disimpan dan digunakan oleh pemerintah,” tulis laporan tersebut.

Sebelumnya, indikasi pelanggaran aplikasi PeduliLindungi juga sempat disampaikan melalui riset University of Toronto, Kanada, pada Desember 2020 lalu. Dalam riset itu ditemukan terdapat beberapa penarikan data yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan untuk pelacakan Covid-19.

Terkait

Artikel Terkait

OPPO Ajak Perbaiki Ponsel di Service Center Resmi, Ada Diskon 30%

Techbiz.id - OPPO mengajak para pengguna yang mengalami kerusakan pada ponsel OPPO untuk memperbaiki secara langsung di Service Center...