Jumat, Mei 27, 2022
BerandaDevicesApple Berencana Buat Program Sewa iPhone, Mulai Rp500 Ribu?

Apple Berencana Buat Program Sewa iPhone, Mulai Rp500 Ribu?

Must Read

Techbiz.id – Apple berencana membuat program sewa iPhone yang memungkinkan pengguna untuk menjajal ponsel mereka tanpa harus membelinya.

Rumor mengenai program sewa iPhone dari Apple ini sebenarnya sudah berkembang sejak 2019. Kala itu, sebagian investor ingin perusahaan menjual iPhone namun dengan status berlangganan.

Dilansir dari Bloomberg, Apple saat ini tengah membuat layanan berlangganan perangkat iPhone yang akan mengguncang proses pembelian. Program ini memungkinkan pengguna pada dasarnya menyewa perangkat iPhone dan mendapatkan model baru setiap tahun.

Seperti layanan sejenis yang lainnya, alasan Apple melakukan hal ini sangatlah sederhana, yakni untuk menghasilkan lebih banyak profit.

Apalagi saat ini, hanya penggemar Apple yang benar-benar fanatik yang mendapatkan iPhone baru setiap tahun. Sebagian besar konsumen hanya melakukan upgrade ketika mereka merasa perlu.

Misalnya, ketika iPhone mereka sangat tua sehingga tidak dapat menjalankan iOS terbaru atau aplikasi populer tertentu.

Di sisi lain, Apple sendiri sudah memiliki program upgrade iPhone yang membagi biaya telepon selama 24 bulan. Setelah Anda selesai dengan pembayaran, iPhone akan menjadi milik Anda.

Namun, berbeda dengan layanan berlangganan iPhone yang dikabarkan akan lebih tepat dikatakan sebagai ‘program sewaan’, lantaran Anda tidak akan pernah benar-benar memiliki perangkat tersebut.

Jika program Upgrade iPhone dimulai dari $35,33 per bulan, maka biaya sewa iPhone akan sedikit lebih rendah.

Berdasarkan hal tersebut, berikut adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan salah satu model iPhone terbaru dan terpopuler melalui layanan berlangganan:

  • iPhone 13: $35 (sekitar Rp502 ribu) per bulan
  • iPhone 13 Pro: $45 (sekitar Rp646 ribuan) per bulan
  • iPhone 13 Pro Max: $50 (sekitar Rp718 ribuan) per bulan

Program ini juga dapat mencakup layanan lain seperti program berlangganan layanan Apple One dan paket dukungan teknis AppleCare.

Kendati demikian, harga tersebut jelas hanya perhitungan kasar, tetapi Apple tetap mampu menghasilkan lebih banyak uang secara signifikan per konsumen.

Baca juga: Duh! Pemilik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Tak Bisa Lagi Akses Twitter

Dan keuntungannya bagi pelanggan adalah tidak perlu mengeluarkan uang ratusan dolar di muka untuk iPhone baru. Mereka juga akan mendapatkan model terbaru setiap tahun, bukan setiap tiga tahun sekali.

Perlu diingat, hingga kini Apple masih belum mengumumkan program sewa iPhone tersebut, tetapi jika benar, sangat menarik untuk melihat bagaimana mekanisme dari program itu berjalan.

Terkait

Artikel Terkait

Oppo Rajai Pasar Smartphone Indonesia di Q1 2022

Techbiz.id - Firma riset Counterpoint, melaporkan Oppo berhasil merajai pasar smartphone Indonesia pada kuartal pertama (Q1) tahun 2022. Menurut data...