Senin, Mei 23, 2022
BerandaAppsInformasi Pribadi yang Muncul di Google Kini Bisa Dihapus

Informasi Pribadi yang Muncul di Google Kini Bisa Dihapus

Must Read

Techbiz.id – Google telah lama menerima permintaan untuk menghapus beberapa informasi pribadi dari hasil pencarian, tetapi kini opsi itu menjadi lebih berguna.

Laporan terbaru menyebutkan Google telah memperluas kebijakan untuk memungkinkan pengguna meminta penghapusan informasi pribadi berupa kontak tertentu.

Informasi yang dihapus berupa nomor telepon, alamat email, dan alamat fisik. Anda juga dapat meminta Google menghapus kredensial masuk jika muncul dalam kueri.

Sikap perusahaan sebelumnya membatasi permintaan penghapusan ini untuk kejadian khusus, seperti kampanye doxxing, serta target penipuan yang mencolok seperti detail bank dan kartu kredit.

Google masih akan meninjau permintaan untuk memastikan permintaan tersebut jujur. Misalnya, tidak akan menghapus referensi yang menjadi catatan publik.

Salah satunya seperti seorang politisi tidak bisa begitu saja meminta nomor telepon kantor mereka dihapus, sebagaimana dilansir dari Engadget, Kamis (28/4/2022).

Perluasan ini mengikuti upaya terbaru lainnya untuk mengekang penyebaran informasi sensitif.

Baca juga: Google Punya Aplikasi iOS Rahasia, Apa Fungsinya?

Mulai tahun lalu, pengguna Google di bawah 18 tahun dapat meminta penghapusan foto mereka dari penelusuran gambar.

Perkembangan ini cukup penting jika kamu termasuk orang yang sangat menjaga privasi.

Meskipun Google memperluas kebijakan tetapi masih belum cukup untuk menjamin privasi seutuhnya.

Namun, setidaknya hal itu dapat menggagalkan para pelaku, peleceh, dan penguntit yang mengandalkan pencarian Google cepat untuk mencapai target mereka.

Terkait

Artikel Terkait

Tablet Oppo Pad Air Meluncur, Pakai Chip Snapdragon dan Layar 2K

Techbiz.id - Makin serius dengan memasuki pasar tablet, Oppo kini meluncurkan OPPO Pad Air. Peluncuran tablet baru andalan perusahaan...