Kamis, Desember 8, 2022

Kecepatan Internet di Stasiun Bogor Tercepat di Dunia

Techbz.id – Stasiun Bogor dinobatkan sebagai stasiun kereta pertama dengan kecepatan tertinggi di dunia oleh Museum Rekor Indonesia – Dunia (MURI).

Memiliki kapasitas sebesar 2000 Mbps, kecepatan internet di Stasiun Bogor digadang-gadang setara dengan stasiun kelas dunia lainnya. Layanan internet WiFi gratis yang dihadirkan di Stasiun Bogor ini hasil kerjasama PT KAI dengan PT Solusi Sinergi Digital (Surge).

Sebelumnya, internet WiFi gratis di Stasiun Bogor telah hadir sejak tahun 2018 dengan kecepatan 100 Mbps. Melalui layanan Free WiFi AdaKita, internet WiFi gratis yang disediakan meningkat kecepatannya hingga dua puluh (20) kali lipat, seiring dengan beroperasinya jaringan serat optik dari Weave (anak usaha Surge), yang berada di sepanjang jalur Kereta Api Pulau Jawa.

AdaKita adalah aplikasi mobile multifungsi dari Surge yang salah satu kegunaannya dapat digunakan masyarakat untuk mengakses layanan internet WiFi gratis yang disediakan di berbagai ruang publik, termasuk di stasiun Commuter Line Jabodetabek.

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis Surge, Martha Rebecca, penghargaan rekor MURI ini menjadi pengakuan keandalan konektivitas berkualitas yang dihadirkan Surge di pelosok Pulau Jawa lewat jaringan serat optik Weave.

internet stasiun bogor

“Layanan ini mendorong peluang PT KAI bersaing secara global dengan berbagai stasiun kelas dunia yang menyediakan internet WiFi berkapasitas besar dan gratis,” ungkapnya. 

Baca juga: Penumpang Commuter Line Bisa Nikmati Internet Cepat 1 Gbps, Gratis!

Seiring dengan kondisi pemulihan ekonomi pasca pandemi, terjadi peningkatan pengguna harian layanan KRL. Data dari PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), yang merupakan anak usaha PT KAI, mencatat pengguna harian layanan KRL Commuterline Jabodetabek mencapai hampir 140.000 orang pada awal bulan Maret 2022, dengan Stasiun Bogor menjadi stasiun yang memiliki aktivitas terpadat dengan pengguna lebih dari 11 ribu orang.

“PT KAI turut menyambut dengan bangga penghargaan yang diberikan MURI kepada Stasiun Bogor sebagai stasiun kereta di Indonesia yang menyediakan layanan internet WiFi gratis dengan kecepatan kelas dunia,” ungkap Plt. Vice President Non Transport Commercialization PT Kereta Api Indonesia (Persero), Krisna Arianto.

Kedepan disampaikan Krisna, masyarakat di daerah sekitar fasilitas PT KAI  dapat mengakses internet WiFi gratis dengan mudah, nyaman, dan terjangkau sehingga kebutuhan akan aksesibilitas internet WiFi dapat terpenuhi dan berdampak positif pada berbagai aspek dan aktivitas keseharian.

Terkait

Artikel Terkait

Penjualan Ponsel Lipat Samsung Naik Dua Kali Lipat untuk Pengguna Bisnis

Techbiz.id - Samsung Electronics mengumumkan penjualan smartphone Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip untuk penggunaan perusahaan telah meningkat...