Minggu, Mei 22, 2022
BerandaDevicesMeta Siapkan Kacamata AR di 2024

Meta Siapkan Kacamata AR di 2024

Must Read

Techbiz.id – Meta, perusahaan induk yang baru dibentuk dari raksasa media sosial Facebook, telah mencoba masuk ke pasar perangkat keras tetapi sejauh ini belum menemukan kesuksesan besar selain dari headset Oculus VR.

Kini, perusahaan dilaporkan tengah mengembangkan kacamata Augmented Reality (AR) baru dengan nama Project Nazare.

Sesuai laporan, Meta bertujuan untuk meluncurkan produk baru ini pada tahun 2024. Kemudian, kacamata AR dengan model yang lebih canggih akan tersedia pada tahun 2026 dan 2028.

Melansir dari The Verge, perusahaan sejauh ini telah menginvestasikan miliaran dolar dalam pengembangan kacamata AR baru, yang merupakan bagian dari visi Mark Zuckerberg untuk metaverse.

Perangkat ini juga diperkirakan bakal dibanderol lebih tinggi dari headset Oculus Quest 2 VR yang saat ini tersedia dengan harga 299 dollar AS (sekitar Rp4,3 juta), seperti dilansir dari Gizmochina, Kamis (14/4/2022).

Baca juga: Meta Uji Penjualan Barang Virtual di Metaverse, Tertarik?

Lalu untuk memberikan pengalaman AR yang sebenarnya, kacamata diklaim akan datang dengan eye’tracking camera, custom waveguides, dan proyektor microLED, yang tampaknya menelan biaya ribuan dolar. Dengan biaya seperti itu, tampaknya generasi pertama akan menjadi produk khusus.

Sesuai laporan, perangkat ini memiliki berat sekitar 100 gram, yaitu sekitar empat kali lipat dari kacamata normal, dan memiliki bingkai hitam tebal. Tampaknya akan memiliki daya tahan baterai hanya 4 jam dan didukung oleh keping nirkabel yang disertakan yang dapat dimasukkan ke dalam saku.

Laporan tersebut menambahkan bahwa Meta tidak memiliki prototipe kacamata yang dapat dipakai. Ini berarti bahwa meskipun perusahaan diharapkan untuk meluncurkan perangkat ini pada tahun 2024, mungkin masih ada beberapa perubahan dalam waktu peluncuran, termasuk bisa dipercepat.

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin Konten Makanan Biar Viral

Techbiz.id - Penikmat video pendek makin sering disuguhkan konten seputar makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak. Konten mengenai...