Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaReview Gadget TerbaruReview Xiaomi 12: Smartphone Compact yang Powerful

Review Xiaomi 12: Smartphone Compact yang Powerful

Must Read

Techbiz.id – Smartphone flagship terbaru dari Xiaomi yakni Xiaomi 12 akan menjadi topik pembahasan di artikel review kali ini.

Xiaomi 12 Series sendiri telah diluncurkan beberapa waktu lalu dan diklaim oleh Xiaomi membawa sejumlah spesifikasi tinggi sesuai dengan DNA-nya sebagai smartphone flagship, mulai dari chipsetnya hingga konfigurasi kamera.

Bagaimana performa dari Xiaomi 12 ini disajikan dalam artikel review kali ini.

Review Xiaomi 12

Desain

Xiaomi 12 menawarkan tampilan matte finish dengan mengusung dimensi 152.70mm x 69.90mm dan berat 180 gram. Dengan dimensi yang diusungnya tersebut, Xiaomi 12 ini menjadi perangkat yang compact dan nyaman digenggam dengan satu tangan. Buat saya pribadi sangat menyukai smartphone dengan ukuran seperti ini.

Soal layar, Xiaomi 12 memiliki layar AMOLED 6,28 inci yang menawarkan resolusi Full HD+ (2400 x 1080). Layar ponsel ini juga didesain dengan sebuah lubang yang menjadi wadah bagi kamera depan serta memiliki pelindung layar Gorilla Glass Victus.

Keberadaan Corning Gorilla Glass Victus ini tentunya membuat perangkat tahan jatuh, benturan, serta goresan, dan mampu bertahan ketika dijatuhkan dari ketinggian hingga dua meter ke permukaan yang keras dan kasar.

Pada bagian belakang smartphone, terdapat modul kameran yang cukup unik dengan komposisi satu sensor berukuran besar disandingkan dengan dua sensor berukuran sedang. Ketiganya dikemas dalam modul persegi di bagian belakang perangkat.

Tampilan matte finish pada bagian belakang Xiaomi 12 ini membuatnya terbebas dari noda sidik jari sehingga terlihat tidak mudah kotor. jadi walaupun tidak menggunakan casing tambahan tetap terlihat bersih. Tapi saya sarankan tetap menggunakan casing untuk memberikan perlindungan tambahan.

The new compact flagship ini memiliki 3 pilihan warna, yaitu Gray, Purple, dan Blue. Warna perangkat yang sedang direview ini adalah purple yang terlihat cukup elegan dan menambah kesan flagship.

Di bagian atas bezel terdapat tulisan Sound by: Harman Kardon yang menandakan smartphone ini menawarkan suara stereo kelas sinematik dan mendukung teknologi Dolby Atmos. Berdasarkan pengalaman penggunaan, suara yang dihasilkan cukup memuaskan sesuai dengan karakter suara speaker Harman Kardon dengan suara bass yag tidak terlalu membetot.

Kamera

review kamera xiaomi 12

Salah satu fitur unggulan pada smartphone flagship terbaru Xiaomi ini adalah kemampuannya daam hal menangkap foto dan video.

Untuk menunjang kemampuan tersebut, Xiaomi 12 membawa konfigurasi kamera utama wide-angle 50 MP, ultra wide 13 MP, dan telemakro 5 MP. Terdapat pula sejumlah fitur fotografi meliputi OIS, resolusi video 8K, 4K, Ultra Night Video, ProFocus, Portrait Night mode dan Portrait HDR.

Kamera Xiaomi 12 ini menurut pengalaman penggunaan, sangat bisa diandalkan untuk menghasilkan gambar yang baik. Saya sangat suka dengan karakter pewarnaan yang ditawarkan kamera perangkat ini.

Saturasi warnanya tidak “gonjreng” sehingga terlihat sangat natural dengan kemampuan menangkap cahaya yang baik sehingga gambar yang dihasilkan jelas dan detail. Untuk foto bokehnya, pemotongan gambar yang dihasilkan sangat rapih.

Untuk perekaman gambar bergerak (video) Xiaomi 12 ini mempunyai fitur yang lengkap, apalagi jika penggunanya adalah seorang konten kreator. Membuat konten menjadi lebih mudah dengan fitur-fitur yang ada di daamnya.

Sementara untuk kebutuhan swafoto, Xiaomi 12 membawa kamera depan 32 MP. Kamera ini juga dibekali fitur perekaman HDR 10+, AI portrait video dan Selfie Night mode.

Review Performa Xiaomi 12

Untuk performa perangkatnya, Xiaomi 12 ini mengusung chipset Snapdragon 8 Gen 1. Chip dengan fabrikasi 4nm ini memiliki CPU octa-core yang mampu mencapai kecepatan hingga 3.0 GHz. Prosesor ini memiliki GPU Qualcomm Adreno yang mampu meningkatkan rendering grafis hingga 30%, dan 25% efisiensi energi. Selain itu dilengkapi UFS 3.1 untuk peningkatan kecepatan loading + data transfer. Serta LPDDR5 RAM dengan kecepatan memori mencapai 6,400Mbps.

Mendampingi prosesornya, terdapat RAM sebesar 8GB dan penyimpanan 256 GB. Komposisi tersebut membuat Xiaomi 12 bisa diajak melakukan berbagai aktivitas. Namun demikian saya merasakan panas setelah beberapa lama penggunaan tapi masih dalam tahap wajar.

Hal ini sepertinya berkat adanya LiquidCool Technology, pendinginan level flagship yang mampu menjaga temperatur dalam batas wajar. Disamping ukurannya yang compact, Xiaomi 12 memiliki VC ekstra besar 2,600mm2. Terdapat lebih dari 10,000 heat-dissipating graphite, untuk memastikan performa yang halus dan stabil.

Xiaomi 12 membawa baterai 4.500 mAh yang mendukung pengisian cepat 67W wire turbo charging menggunakan perangkat kabel dan 50W wireless turbo charging.

Sebagai informasi, untuk masa pakai baterai yang lebih baik, Xiaomi memiliki teknologi AdaptiveCharge, pengisian daya pintar yang menggunakan algoritma. Algoritma tersebut bekerja ketika pengisian daya dilakukan untuk mempelajari perilaku pengguna, apakah sering mengisi daya hingga semalaman, dan mengoptimalkannya.

Yang menarik, berdasarkan pengukuran benchmark menggunakan aplikasi Antutu, Xiaomi 12 ini mampu memperoleh skor yang signifikan tinggi yakni mencapai angka 910.203. Antutu sendiri menyebut angka tersebut melebihi batas level normal.

Hasil benchmark Xiaomi 12

Kesimpulan penggunaan

Xiaomi memang selalu berusaha menghadirkan smartphone berkualitas dengan harga yang terjangkau. Smartphone ini telah memenuhi tujuan yang diinginkan tersebut.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...