Sabtu, April 20, 2024

Survei: Ramadan Saat Tepat Ganti Smartphone

Techbiz.id – Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Xiaomi dalam rangka menyambut Ramadan 2022 ditemukan bahwa periode bulan Ramadan menjadi saat yang tepat untuk mengganti (upgrade) ke smartphone yang lebih baru.

Dalam survei yang dilakukan dilakukan pada periode 14-17 April 2022 kepada 543 responden dengan rentang usia 20-35 tahun, sebanyak 43.1% responden memilih periode bulan Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk mengganti (upgrade) ke smartphone yang lebih baru.

Ada beberapa alasan kenapa masyarakat memilih untuk upgrade smartphone, dimana 51.2% menyatakan smartphone yang dimiliki sudah waktunya diperbaharui, sementara 35.4% responden menyatakan ingin menikmati inovasi teknologi yang lebih baru.

Selain itu, dari hasil survei, sebanyak 51.9% responden menginginkan untuk dapat mengabadikan foto bersama pada saat hari raya Idul Fitri dengan menggunakan smartphone baru.

Baca juga: Maksimalkan Ibadah Ramadan dengan Smartphone

Hasil ini cukup dominan dibandingkan 13% responden yang ingin menggunakan smartphone baru mereka untuk video call dengan teman atau keluarga, serta 11.9% responden ingin menikmati bermain game menggunakan smartphone baru mereka.

Infografis smartphone ramadan

Pada saat responden mendapatkan pertanyaan apa yang menjadi pertimbangan hingga akhirnya memutuskan membeli smartphone saat bulan Ramadhan atau jelang Hari Raya Idul Fitri, 45.1% menjawab bahwa momen Ramadhan ini merupakan kesempatan bagi mereka mendapatkan penawaran terbaik untuk smartphone pilihan mereka, disamping itu 20.1% menyatakan bahwa momen Ramadhan ini merupakan waktu yang terbaik karena mereka baru saja mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Dari sisi harga smartphone yang hendak dibeli pada saat lebaran, mayoritas responden, 74.9% memilih smartphone dengan rentang harga 2 juta sampai dengan 4 juta rupiah. Hal ini tidak mengherankan, mengingat segmen entry-mid range merupakan segmen terbesar yang menjadi favorit masyarakat.

Sementara soal faktor penting yang harus ada di dalam smartphone pilihan, 77.5% menginginkan smartphone compact yang memiliki desain menarik dan elegan, serta 48.4% menginginkan perangkat kamera yang mumpuni.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...