Kamis, Desember 8, 2022

Tiket.com Optimis Pariwisata RI Makin Gemilang di Q2 2022

Techbiz.id – Sektor Pariwisata Republik Indonesia (RI) diprediksi akan semakin gemilang pada kuartal kedua (Q2) tahun 2022. Hal ini disampaikan oleh Gaery Undarsa selaku Co-founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com.

Menurut Gaery, sektor pariwisata Tanah Air akan terus tumbuh beriringan dengan semakin membaiknya penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Kuartal kedua ini akan lebih menarik daripada kuartal pertama. Kenapa? Karena kuartal pertama saja kita masih mengalami lonjakan kasus Omicron di Januari dan Februari, baru pariwisata berkembang lagi Maret. Nah untuk kuartal kedua ini di April hingga Juni, momentumnya pas karena setelah Ramadhan lalu Lebaran, ada masa libur sekolah,” kata Gaery dalam konferensi virtual, Senin (11/4/2022).

Ia menambahkan, di momen libur sekolah seperti ini tampaknya perjalanan keluarga akan meningkat. Pasalnya, sekolah sudah kembali menjalani kembali pertemuan tatap muka, sehingga liburan secara fisik dibutuhkan untuk memberi penyegaran kepada anak- anak.

Di sisi lain, ia pun optimis dengan potensi berkembangnya pariwisata Tanah Air mengingat akan cukup banyak turis mancanegara yang melakukan revenge travel atau liburan untuk membayar dua tahun dibatasinya akses wisata akibat pandemi.

“Prediksi saya nantinya dari turis internasional akan semakin banyak yang ke Indonesia beriringan dengan relaksasi regulasi wisata internasional, artinya akan ada peningkatan turis internasional yang masuk ke Indonesia. Bali itu sudah pasti jadi destinasi favorit, tapi jangan salah karena destinasi wisata Indonesia di luar Bali pun kini jadi sorotan,” ujar Gaery.

Baca juga: Tiket.com Bagikan Promo Fantastis Tiket Hari Raya, Pas Buat Mudik!

Adapun kebangkitan pariwisata terasa dampakbya di performa bisnis tiket.com. Tercatat pada Q1 2022, berdasarkan transaksi keseluruhan, tiap vertikal produk berhasil kembali mencetak prestasi gemilang.

Misalnya saja pada perjalanan udara menggunakan penerbangan mencatat kenaikan sebanyak 93 persen YoY. Lalu untuk penjualan darat melonjak cukup tajam hingga 275 persen YoY. Sementara untuk pemesanan akomodasi penginapan dan hotel meningkat hingga 80 persen.

Menurut Gaery ini menjadi sejarah bagi pariwisata Indonesia, mengingat setelah dua tahun terakhir mengalami kesulitan akibat pembatasan kegiatan akibat pandemi COVID-19.

Efek positif melonjaknya transaksi di Q1 2022 ikut terasa karena 2 pencapaian, yaitu terpilihnya tiket.com menjadi mitra resmi ticket and travel app MotoGP Mandalika, dan hadirnya OTW (Online Tiket Week) di bulan Maret lalu yang makin mendongkrak semangat masyarakat Indonesia untuk berwisata dan berlibur.

“Saya merasa bersemangat karena masa kebangkitan kembali kejayaan pariwisata Indonesia mulai terasa.” ujar Gaery

Untuk itu, “Kami terus tetap menghimbau bagi yang akan melakukan perjalanan untuk  terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, dan untuk segera mendapatkan booster vaksinasi agar bisa menikmati regulasi perjalanan terbaru ini dan dapat berlibur dengan aman dan nyaman!” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Penjualan Ponsel Lipat Samsung Naik Dua Kali Lipat untuk Pengguna Bisnis

Techbiz.id - Samsung Electronics mengumumkan penjualan smartphone Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip untuk penggunaan perusahaan telah meningkat...