Minggu, Mei 22, 2022
BerandaAppsTikTok Luncurkan Efek AR Secara Global

TikTok Luncurkan Efek AR Secara Global

Must Read

Techbiz.id – TikTok meluncurkan alat efek Augmented Reality (AR) untuk semua pengguna setelah meluncurkan uji beta tertutup beberapa waktu lalu.

Fitur bernama Efect House ini memungkinkan kreator konten membuat efek kamera AR sendiri yang nantinya dapat digunakan oleh pengguna TikTok lain dalam video.

Melalui pengumuman resminya, Tiktok mengatakan platform efek akan terbuka untuk “semua kreator, perancang, dan pengembang dari seluruh dunia”. Ini akan mencakup alat dan sumber informasi untuk mempelajari efek AR.

“Efek kreatif memberdayakan pembuat konten untuk mengekspresikan diri, menghibur, dan berbagi cerita melalui beragam format yang menarik dan imersif,” tulis TikTok, seperti dilansir dari The Verge, Rabu (13/4/2022).

Nantinya, efek kamera yang diajukan kreator harus memenuhi sejumlah aturan. Adapun TikTok melarang efek yang berbau rasisme seperti mengagungkan warna kulit tertentu dan stereotipe negatif terhadap kelompok yang dilindungi.

Selain itu, efek yang mempromosikan operasi kosmetik juga dilarang, seperti filler bibir atau yang menguliti penampilan seseorang.

Baca juga: TikTok Hadirkan Serangkaian Program Hiburan Lewat ‘Serunya Ramadhan’

Efek seperti ‘Green Screen’ menjadi andalan dalam konten populer di TikTok, dimana kreator konten kerap kali membuat video menggunakan efek sebagai bagian dari tren.

TikTok mengatakan lebih dari 1,5 miliar video menggunakan efek tersebut telah ditonton lebih dari 600 miliar pengguna secara global.

Langkah TikTok ini terbilang cukup lambat. Pasalnya, efek seperti ini sebenarnya telah dibuat bertahun-tahun lalu oleh Snapchat dan Instagram.

Terkait

Artikel Terkait

Fall Guys Akan Hadir secara Gratis di Nintendo Switch dan XBox

Techbiz.id - Fall Guys: Ultimate Knockout akan hadir secara gratis di Nintendo Switch dan XBox. Gim simulator pertempuran ini...